Ternyata Ini Penyebab Kipas Radiator Tidak Berfungsi!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kipas radiator
Ilustrasi (Fastnlow.net)

OTOmart – Salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mesin mobil Anda adalah kipas radiator. Komponen ini mempunyai dua fungsi yang berbeda, mulai dari meniup hawa dingin ke radiator sekaligus melepas hawa panas yang sebelumnya telah terkumpul di elemen radiatornya.

Saat ini, terdapat dua jenis kipas radiator yang dapat Anda temukan di mesin mobil, yaitu kipas elektris dan kipas visco.

Namun tahukah Anda? Jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, maka risiko untuk mengalami overheat akan semakin besar, meskipun komponen pendukung sistem pendingin lainnya masih dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

Berikut ini adalah beberapa penyebab kipas mati atau tidak dapat berfungsi dengan baik, antara lain yaitu:

1. Fan Belt Putus

Agar kipas visco atau viscous fan dapat berputar, dibutuhkan bantuan putaran mesin yang disalurkan melalui puli serta fan belt. Seperti diketahui, fan belt mempunyai batas usia pemakaian yang tentunya dapat mengalami getas sehingga akhirnya akan putus ketika digunakan.

Tanpa fan belt ini, maka kipas visco tentunya tidak akan dapat berputar. Hal ini tentunya juga akan membuat radiator tidak akan bekerja dengan baik.

2. Kipas Jebol

Selain fan belt, kipas visco juga dapat rusak dan jebol saat sil oli mengalami kerusakan. Sil sendiri berfungsi untuk menjaga volume serta tekanan oli silicone yang digunakan saat mengoperasikan visco fannya.

Jadi, jika oli tersebut habis atau berkurang, tentu visco fan tidak akan dapat bekerja secara optimal. Selain itu, kipas elektrik juga dapat jebol jika motor eletrisnya rusak atau mengalami korsleting.

3. Sekring atau Kabel Konektor Kipas Radiator Putus

Baca Juga: Sebelum Menguras Air Radiator, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Hal ini berlaku hanya pada kipas elektrik, dimana sekring berfungsi untuk mencegah agar tidak terjadi korsleting. Saat sekring putus, maka dapat dipastikan terdapat komponen kelistrikan pada kipas yang bermasalah.

Selain itu, jika kabel konektor kipas terputus, tentu akan membuat kipas radiator gagal berfungsi karena tidak adanya arus listrik yang mengalir untuk mengoperasikan motor elektris.

4. Fan Control Module Bermasalah

Dalam beroperasi, komponen pendingin mesin mobil ini juga mengandalkan sebuah modul selain sekring agar dapat berfungsi dengan baik. Modul ini terhubung pada ECU mobil ketika beroperasi dan berfungsi untuk mengatur kapan kipas harus menyala serta berapa kecepatannya.

5. Thermostat Bermasalah

Thermostat merupakan komponen yang berfungsi untuk mengirimkan informasi suhu radiator pada modul yang berfungsi untuk mengatur waktu serta kecepatan kipas. Jika komponen ini tidak lagi dapat membaca suhu radiator dengan tepat, maka tentunya akan langsung berdampak pada kinerja kipas tersebut.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daihatsu Rancang Strategi Agar Daihatsu Ayla Turbo Laku di Indonesia

OTOmart – Meski telah melakukan pengujian mesin Daihatsu Ayla turbo berkapasitas 1000cc di jalanan...

Daftar Harga Mobil Grand Livina Di Bawah Rp 150 Juta

OTOmart – Anda punya dana Rp 150 juta dan ingin mendapatkan mobil berkapasitas 7...

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim...