Ternyata Ini Penyebab Kipas Radiator Tidak Berfungsi!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kipas radiator
Ilustrasi (Fastnlow.net)

OTOmart – Salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mesin mobil Anda adalah kipas radiator. Komponen ini mempunyai dua fungsi yang berbeda, mulai dari meniup hawa dingin ke radiator sekaligus melepas hawa panas yang sebelumnya telah terkumpul di elemen radiatornya.

Saat ini, terdapat dua jenis kipas radiator yang dapat Anda temukan di mesin mobil, yaitu kipas elektris dan kipas visco.

Namun tahukah Anda? Jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, maka risiko untuk mengalami overheat akan semakin besar, meskipun komponen pendukung sistem pendingin lainnya masih dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

Berikut ini adalah beberapa penyebab kipas mati atau tidak dapat berfungsi dengan baik, antara lain yaitu:

1. Fan Belt Putus

Agar kipas visco atau viscous fan dapat berputar, dibutuhkan bantuan putaran mesin yang disalurkan melalui puli serta fan belt. Seperti diketahui, fan belt mempunyai batas usia pemakaian yang tentunya dapat mengalami getas sehingga akhirnya akan putus ketika digunakan.

Tanpa fan belt ini, maka kipas visco tentunya tidak akan dapat berputar. Hal ini tentunya juga akan membuat radiator tidak akan bekerja dengan baik.

2. Kipas Jebol

Selain fan belt, kipas visco juga dapat rusak dan jebol saat sil oli mengalami kerusakan. Sil sendiri berfungsi untuk menjaga volume serta tekanan oli silicone yang digunakan saat mengoperasikan visco fannya.

Jadi, jika oli tersebut habis atau berkurang, tentu visco fan tidak akan dapat bekerja secara optimal. Selain itu, kipas elektrik juga dapat jebol jika motor eletrisnya rusak atau mengalami korsleting.

3. Sekring atau Kabel Konektor Kipas Radiator Putus

Baca Juga: Sebelum Menguras Air Radiator, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Hal ini berlaku hanya pada kipas elektrik, dimana sekring berfungsi untuk mencegah agar tidak terjadi korsleting. Saat sekring putus, maka dapat dipastikan terdapat komponen kelistrikan pada kipas yang bermasalah.

Selain itu, jika kabel konektor kipas terputus, tentu akan membuat kipas radiator gagal berfungsi karena tidak adanya arus listrik yang mengalir untuk mengoperasikan motor elektris.

4. Fan Control Module Bermasalah

Dalam beroperasi, komponen pendingin mesin mobil ini juga mengandalkan sebuah modul selain sekring agar dapat berfungsi dengan baik. Modul ini terhubung pada ECU mobil ketika beroperasi dan berfungsi untuk mengatur kapan kipas harus menyala serta berapa kecepatannya.

5. Thermostat Bermasalah

Thermostat merupakan komponen yang berfungsi untuk mengirimkan informasi suhu radiator pada modul yang berfungsi untuk mengatur waktu serta kecepatan kipas. Jika komponen ini tidak lagi dapat membaca suhu radiator dengan tepat, maka tentunya akan langsung berdampak pada kinerja kipas tersebut.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...

Modifikasi Mitsubishi Mirage Bekas, Nggak Kalah Sama Model Terbarunya

OTOmart – Mitsubishi Mirage terbaru secara resmi telah dirilis di Inggris dengan tampilan yang...

Isuzu D-Max Dapat Bintang Lima dari ASEAN NCAP, Jadi Mobil Teraman

OTOmart – Isuzu D-Max merupakan salah satu kendaraan tangguh berjenis pick-up andalan dari Isuzu...