4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
boros
4 Faktor penyebab kendaraan boros bahan bakar (Blackxperience)

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya akan sakit kepala jika harga bahan bakar minyak (BBM) naik cukup tinggi. Apalagi jika kendaraan yang Anda gunakan boros BBM. Lalu bagaimana dengan kendaraan yang irit BBM?

Kendaraan yang irit konsumsi bahan bakarnya tidak serta merta membuat Anda nyaman. Justru kendaraan yang irit BBM dapat menjadi boros akibat dari permasalahan teknis yang disebabkan oleh pengendara itu sendiri.

Baca Juga: Mobil Matik Lebih Boros Dari Mobil Manual? Benarkah Demikian?

Lalu apakah yang menyebabkan konsumsi BBM kendaraan menjadi boros?

Dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia, borosnya konsumsi bahan bakar sebuah mobil itu disebabkan oleh 4 faktor, antara lain yaitu:

Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan menyebakan penumpukan kotoran pada aliran udara yang masuk. Hal ini tentu akan menghambat performa kendaraan terutama di sektor pacu sehingga menimbulkan gejala ‘ngelitik’ atau disebut juga dengan knocking.

Kerak di Ruang Mesin

mesin mobil
Memperbaiki mesin mobil (Unsplash)

Penyebab lain dari borosnya BBM sebuah mobil juga dapat disebabkan oleh adanya kerak pada ruang mesin. Kerak ini seolah-olah menjadi momok yang menakutkan seiring dengan usia kendaraan yang semakin lama semakin menua. Kemunculan kerak pada ruang mesin dapat membuat volume ruang bakar menjadi menyempit sehingga mengurangi produksi tenaga dari mesin tersebut.

Lubang Nozzle Injector Tersumbat

Faktor lain yang membuat kendaraan menjadi lebih boros BBM adalah tersumbatnya lubang nozzle injector. Terjadinya sumbatan cukup lazim karena memang ukuran lubang yang terbilang mungil sehingga rawan untuk terjadinya sumbatan. Hal ini secara langsung dapat mengakibatkan kendaraan Anda menjadi lebih boros dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Piston dan Ring Piston Aus

Faktor terakhir yang membuat kendaraan Anda menjadi lebih boros BBM adalah ausnya piston serta ring piston pada bagian mesin. Jika kedua part tersebut terkikis, maka tentu akan mengurangi kompresi kendaraan sehingga berdampak pada terjadinya penurunan performa mesin kendaraan Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan mesin menjadi loyo namun menggelontrolan bahan bakar yang sangat besar.

Itulah beberapa faktor yang membuat kendaraan Anda menjadi boros konsumsi bahan bakar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...