Headlamp Mobil Anda Berembun? Ternyata ini Penyebabnya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
headlamp
Headlamp (Beli Onderdil)

OTOmart – Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen mobil tentu akan mengalami performa, tidak terkecuali headlamp. Salah satu masalah yang kerap kali dialami pada komponen ini adalah embun sehingga mengurangi daya tembus cahaya dari lampu ke jalan.

Kondisi ini tentu amat berbahaya bagi para pengendara dan penumpang, khususnya ketika malam hari dan hujan turun. Karena itu, Anda perlu memperhatikan komponen ini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Merawat Lampu LED Pada Mobil Anda

Pada umumnya yang menyebabkan headlamp berembun adalah air yang masuk ke dalam rumah lampu akibat adanya kebocoran sehingga membuat mika lampu bagian depan mobil tidak mampu memancarkan sinar dari bohlam secara maksimal.

Selain itu, air juga dapat masuk dari celah lubang kecil yang terdapat pada batok lampu. Karena memang lubang kecil tersebut sengaja dibuat sebagai saluran udara panas.

Sedangkan embun terjadi akibat tekanan udara yang berada di luar menurun dan panas yang berasal dari lampu mereda. Saat-saat seperti inilah yang akhirnya membuat udara lembab masuk ke dalam headlamp melalui lubang batok atau celah lain yang telah mengalami kebocoran.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan meminimalisir air yang masuk ke dalam headlamp dengan cara memastikan bahwa sambungan antara mika dengan batok lampu tidak ada yang mengalami renggang.

Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa kondisi lem perekat yang terdapat pada sambungan lampu masih dapat merekat dengan erat sehingga tidak mudah bagi air untuk masuk ke dalam lampu.

Sebab, salah satu penyebab air masuk ke lampu lainnya, selain akibat dari seal yang telah aus juga karena soket lampu yang tidak rapat atau mengalami renggang.

Baca Juga: Tips Mengatasi Lampu Depan Mobil Yang Redup

Sedangkan air yang terdapat pada headlamp, biasanya disebabkan karena bocornya penyekat antara rumah lampu dengan tabung mika penutupnya. Selain itu, bohlam juga tidak menutup dengan sempurna akibat terkena guncangan ketika mobil melibas jalan yang berlubang atau karena kain penutup lubang hawa bagi panas lampu telah mengalami kerusakan.

Sumber: Otoseken

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...