Headlamp Mobil Anda Berembun? Ternyata ini Penyebabnya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
headlamp
Headlamp (Beli Onderdil)

OTOmart – Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen mobil tentu akan mengalami performa, tidak terkecuali headlamp. Salah satu masalah yang kerap kali dialami pada komponen ini adalah embun sehingga mengurangi daya tembus cahaya dari lampu ke jalan.

Kondisi ini tentu amat berbahaya bagi para pengendara dan penumpang, khususnya ketika malam hari dan hujan turun. Karena itu, Anda perlu memperhatikan komponen ini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Merawat Lampu LED Pada Mobil Anda

Pada umumnya yang menyebabkan headlamp berembun adalah air yang masuk ke dalam rumah lampu akibat adanya kebocoran sehingga membuat mika lampu bagian depan mobil tidak mampu memancarkan sinar dari bohlam secara maksimal.

Selain itu, air juga dapat masuk dari celah lubang kecil yang terdapat pada batok lampu. Karena memang lubang kecil tersebut sengaja dibuat sebagai saluran udara panas.

Sedangkan embun terjadi akibat tekanan udara yang berada di luar menurun dan panas yang berasal dari lampu mereda. Saat-saat seperti inilah yang akhirnya membuat udara lembab masuk ke dalam headlamp melalui lubang batok atau celah lain yang telah mengalami kebocoran.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan meminimalisir air yang masuk ke dalam headlamp dengan cara memastikan bahwa sambungan antara mika dengan batok lampu tidak ada yang mengalami renggang.

Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa kondisi lem perekat yang terdapat pada sambungan lampu masih dapat merekat dengan erat sehingga tidak mudah bagi air untuk masuk ke dalam lampu.

Sebab, salah satu penyebab air masuk ke lampu lainnya, selain akibat dari seal yang telah aus juga karena soket lampu yang tidak rapat atau mengalami renggang.

Baca Juga: Tips Mengatasi Lampu Depan Mobil Yang Redup

Sedangkan air yang terdapat pada headlamp, biasanya disebabkan karena bocornya penyekat antara rumah lampu dengan tabung mika penutupnya. Selain itu, bohlam juga tidak menutup dengan sempurna akibat terkena guncangan ketika mobil melibas jalan yang berlubang atau karena kain penutup lubang hawa bagi panas lampu telah mengalami kerusakan.

Sumber: Otoseken

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...