Inilah Penyebab Datsun Luncurkan Produk Cross 2018

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

produk

OTOmart – Datsun direncanakan akan meluncurkan produk ketiga mereka di Indonesia. Perlu diketahui bahwa butuh waktu yang cukup lama untuk Datsun dalam memperkenalkan produk baru sejak lahirnya Datsun Go 2014 lalu. Produk baru mereka yang akan segera diluncurkan adalah Datsun Cross (tanpa Go) dengan basis Go+ Panca sehingga mampu menampung lima orang dengan dua orang anak kecil di baris ketiganya.

Tahun ini, Cross diperkirakan akan menjadi andalan produk dari Datsun yang akan diluncurkan pada tanggal 18 Januari mendatang. Berdasarkan pengamatan, beberapa hal di bawah ini merupakan faktor-faktir yang menyebabkan munculnya Datsun Cross 2018.

Penyambung Nafas Datsun

Cross mungkin saja menjadi salah satu mobil terpopuler di tahun 2018 ini. Hal ini karena banyaknya produk Datsun yang digemari oleh para masyarakat terutama dengan harganya yang murah. Akan tetapi, sejak adanya invasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, nama Datsun seperti seolah-olah tenggelam dalam persaingan kedua mobil tersebut.

Baca Juga: Datsun Cross Siap Meluncur 18 Januari, Ini Bocorannya

Berdasarkan data Gaikindo tahun lalu, penjualan Datsun hingga bulan November hanya berhasil terjual sebanyak 9.449 unit, jika dibandingkan dengan para kompetitornya yang berhasil menjual hingga puluhan ribu unit. Karena itu, Datsun berharap agar Cross dapat membalikkan keadaan meskipun terdapat beberapa hal yang dapat mengganjalnya, seperti:

Bukan LCGC

Datsun GO dan GO+ Panca merupakan mobil dengan status LCGC, dimana pada awal kemunculannya mobil ini langsung booming meskipun fiturnya pas-pasan. Sedangkan Cross mempunyai status non LCGC dan harganya pun masih jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Go+ Panca. Karena itu, performa penjualan mobil ini tentu masih menjadi tanda tanya. Para konsumen yang terbiasa dengan status mobil murah yang disandang oleh Datsun tentu dapat menerima perubahan yang terjadi dengan sangat mudah.

Selain itu, lamanya Datsun dalam mengeluarkan produk baru tentu akan membuat tim marketing mereka bekerja keras dalam mendongkrak nama Datsun Cross. Akan tetapi, mempunyai modal yang cukup harusnya membuat hal ini menjadi semakin mudah.

Mesin Irit Serta Bertransmisi CVT

Cross diberikan mesin dengan tiga silinder berkapasitas 1.2 liter sebagai penggeraknya. Mesin yang digunakan oleh Cross merupakan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Nissan March dan terkenal sangat efisien dalam pengkonsumsian bahan bakarnya. Sebagian orang banyak yang ragu membeli Datsun karena sistem transmisi yang diusungnya, apalagi bagi orang yang berdomisili di kota besar. Untuk itulah, Cross dengan transmisi otomatisnya model CVT hadir untuk menjawab keraguan tersebut.

Baca Juga: Datsun Cross Dipastikan Miliki Transmisi CVT

Dengan karakter halus saat berpindah, membuat CVT diklaim sangat cocok membuat Cross terasa nyaman. Hal ini tentu menyebabkan terjadinya peningkatan kualitas berkendara jika dibandingkan dengan beberapa model lainnya.

Fitur terlengkap

Memang hingga saat ini belum ada informasi mengenai fitur-fitur yang akan disematkan di dalam mobil ini. Namun berdasarkan kabar yang beredar, fitur Cross akan sangat jauh berbeda dengan produk Datusn LCGC lainnya. Cross disinyalir akan mempunyai layar multimedia berukuran 6,9 inci yang dilengkapi dengan kemampuan Bluetooth.

Untuk fitur keselamatannya, Datsun akan menyematkan rem yang dilengkapi dengan sistem ABS serta telah dilengkapi dengan Brake Assist. Selain itu, kabar juga menyebutkan bahwa Cross juga akan menggunakan pendistribusian daya pengereman yang telah diatur secara elektronik (EBD, Electronic Brake Force Distribution), dan Air bags.

Konfigurasi kabin yang berbeda

Pada Datsun LCGC, para pengguna akan disuguhi kursi depan yang menyatu. Namun, pada Cross akan dikembalikan konfigurasinya seperti yang ada pada umumnya. Selain itu, berdasarkan kabar yang beredar, Datsun Cross akan mempunyai dashboard yang berbeda dimana akan ada penambahan ruang penyimpanan atau arm rest di antara kursi depan yang ada.

Sedangkan itu pada bagian belakang, konfigurasinya masih akan tetap dengan dua baris kursi. Namun, karena lebih mahal, maka kualitas kursi serta material jok kemungkinan akan lebih baik. Walaupun mungkin kualitas materialnya disangsikan akan ikut naik.

Sumber: Oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Otomart – Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta...

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar...

Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi...

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....