Calya dan Sigra Anda Boros Bahan Bakar? Ini Penyebabnya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
calya dan sigra
Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

OTOmart – Calya dan Sigra merupakan salah satu mobil berjenis LMPV berkapasitas 7 seater dan termasuk ke dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah dan ramah lingkungan. Karena itulah, kedua mobil ini mempunyai tingkat konsumsi BBM yang irit serta low carbon emission.

Meski begitu, beberapa pemilik kedua mobil ini sama-sama mengeluhkan mengenai tingkat konsumsi BBM yang tidak seusai dengan ekspektasi mereka selama ini.

Baca Juga: Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, maka kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu:

Oli Mesin

Salah satu faktor yang membuat Calya dan Sigra milik Anda boros bahan bakar adalah karena penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dari mobil LCGC.

“Biasanya karena olinya tidak sesuai dengan spesifikasi LCGC,” ucap salah satu teknisi senior di salah satu bengkel mobil yang berada di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, Fajar Nugroho, seperti dilansir laman Otoseken.com.

Agar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra milik Anda tetap hemat BBM, maka disarankan untuk menggunakan oli full synthetic dengan viksonitas atau SAE 0W-20 seperti yang tertulis pada buku manual mobil tersebut beserta dengan merek oli yang digunakannya, baik merek resmi ataupun merek-merek aftermarket lainnya.

“Kalau untuk Toyota Calya dan Sigra lawas itu masih boleh menggunakan 5W-30, itu sudah paling maksimal. Kalau selain oli tersebut, performa mesinnya bakal enggak maksimal bahkan cenderung bikin boros BBM,” terang Fajar.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

Fajar pun menuturkan bahwa selain penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Perawatan rutin dalam mengganti oli serta filter oli pada jarak 10.000 km juga sangat penting agar performa mesin tetap terjaga dengan baik.

Oktan BBM

Faktor lain yang membuat mobil Calya dan Sigra boros bahan bakar adalah karena penggunakan Research Oktan Number atau RON BBM yang keliru sehingga membuat mesin menjadi tidak optimal. Menurut Fajar, mesin LCGC akan optimal jika menggunakan BBM beroktan 92, seperti Pertamax, Total Performance, atau Shell Super.

Penggunaan bahan bakar yang keliru, tentunya akan membuat BBM menjadi lebih boros. Kondisi ini sendiri sebenarnya telah tertuang di dalam buku manual yang berasal dari pabrikan mobil LCGC tersebut.

Filter Udara

Komponen lain yang membuat kedua mobil LCGC tersebut boros BBM adalah filter udara. Seperti diketahui, filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang diisap ke dalam ruang pembakaran melalui air intake. Jika komponen ini terganggu karena kotoran dan lain-lain, tentunya akan membuat tenaga menurun sehingga efisiensi bahan bakar berkurang.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...