Sigra dan Brio Tumbuh, Penjualan LCGC Lainnya Justru Alami Penurunan

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
penurunan
Honda Brio tumbuh, mobil LCGC lainnya justru alami penurunan penjualan (Carmudi)

OTOmart – Salah satu segmen mobil yang dalam dua tahun terakhir sempat mencuri perhatian para pecinta otomotif tanah air, yaitu mobil Low Cost Green Car (LCGC) sepertinya mulai mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari jumlah penjualan mobil segmen ini selama 10 bulan pertama tahun 2018 yang hanya mampu menyentuh angka 190.733 unit.

Jumlah tersebut turun sekitar 4,28% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2017. Namun, dari sekian banyak mobil LCGC yang beredar, hanya dua produk saja yang mampu bersaing, yaitu Daihatsu Sigra dan Honda Brio Satya.

Baca Juga: Penjualan All New Honda Brio Selama Oktober Terus Alami Peningkatan

Data tersebut seperti diamini oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) yang mencatat jika selama periode di bulan Januari-Oktober 2018, jumlah penjualan mobil LCGC yang paling banyak mengalami penurunan, yaitu Datsun, Toyota Calya dan Daihatsu Ayla. Padahal, segmen mobil ini menargetkan para konsumen kelas menengah ke bawah, karena merupakan kendaraan dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun, dinamika suku bunga pinjaman selama 10 bulan pertama tahun 2018 yang terjadi, sepertinya mulai berimbas pada penjualan kendaraan LCGC. Hal ini lantaran para konsumen di segmen ini sangat sensitif jika terjadi kenaikan harga akibat depresiasi rupiah serta kenaikan suku bunga acuan.

Gaikindo pun mencatat jika angka penurunan penjualan yang paling dalam terjadi pada merek Datsun, dimana penjualan mobil tersebut tidak sesuai antara harga yang terjangkau dengan jumlah racikannya.

Berdasarkan data yang dirilis Gaikindo, penjualan mobil Datsun anjlok sebesar 14,74% dengan pengiriman ke diler (wholesales) paling banyak berjumlah 7.415 unit. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan jika Datsun hanya mampu meraih angka sebesar 3,38% dari total pangsa LCGC selama bulan Oktober 2018.

Sama seperti Datsun, penjualan Toyota Calya selama bulan Oktober juga mengalami penurunan sekitar 14,25% atau sebanyak 53.633 unit. Padahal, selama periode 10 bulan di tahun 2017 lalu, Toyota Calya mampu untuk membukukan angka sebanyak 62.545 unit.

Akan tetapi, hal berbeda justru diraih oleh kembaran Toyota Calya, yaitu Daihatsu Sigra yang justru mampu tumbuh sebesar 16,29% dengan total penjualan sebanyak 42.704 unit.

Baca Juga: Lama Bertahan, Harga Mobil Daihatsu Sigra dan Ayla Naik Rp 1 Juta

Berbeda dengan Daihatsu Ayla. Meskipun mengalami kenaikan penjualan pada segmen mobil LCGC berkapasitas 7 kursi. Namun, dari sisi penjualan justru mengalami penurunan sekitar 12,49% atau sebanyak 22.705 unit selama 10 bulan pertama tahun 2018. Padahal, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, Daihatsu Ayla hanya mampu meraih angka penjualan sebanyak 25.946 unit.

Sedangkan untuk LCGC andalan Honda, yaitu Brio Satya E yang baru saja mengalami penyegaran, rupanya berhasil bertahan dengan banyaknya hantaman yang menyebabkan penjualan para mobil LCGC menurun. Dimana LCGC unggulan Honda tersebut berhasil tumbuh sebesar 4,27% atau terjual sebanyak 36.239 unit.

Jika Anda ingin cari mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah, OTOmart siap melayani Anda. Kunjungi OTOmart sekarang juga untuk mendapatkan mobil impian Anda sekarang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan Grand Livina 2019 Usai Lebaran Masih Rp 200 Jutaan

OTOmart – Nissan Grand Livina merupakan salah satu produk keluaran PT Nissan Motor Indonesia...

Panduan Cari Avanza 2004 Biar Tidak Tertipu Oknum Nakal

OTOmart – Toyota Avanza 2004 merupakan generasi pertama dari seri Avanza yang pertama kali...

Baru Meluncur, Suzuki New Carry Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

OTOmart – Suzuki New Carry merupakan produk unggulan dari PT Suzuki Indomobil Sales yang...

Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

OTOmart – Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga hingga kini...

Mau Swap Engine? Ketahui Dulu Harga Mesin Mobil Baru dan Bekasnya

OTOmart – Swap engine atau mengganti mesin yang lama ke mesin baru merupakan hal...

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Renault Triber 2019

OTOmart – Renault akhirnya secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka yang diberi nama...