Kena Efek Pemilu, Penjualan Mobil Bekas Stagnan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pemilu
Mobil Bekas (Mobilmo)

OTOmart – Selain mengganggu penjualan mobil baru, efek Pemilihan Umum (Pemilu) rupanya juga berdampak pada penjualan mobil bekas (mobkas). Hal ini diketahui berdasarkan penyerapan unit mobil bekas sejak Februari lalu, dimana penjualannya terasa lebih lambat jika dibandingkan pada awal tahun 2018.

Menurut Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, sejak memasuki tahun politik atau Pemilu, memang cukup mempengaruhi penjualan mobil bekas. Salah satu alasan terjadinya hal ini juga sama dengan konsumen mobil baru, dimana para konsumen lebih memilih melihat kondisi politik di Indonesia terlebih dahulu.

Baca Juga: Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Daihatsu Xenia Masih Banyak Diminati

“Kalau untuk alasannya, kurang lebih sama. Mereka kan juga melihat situasi sehingga nahan untuk berbelanja dulu. Jadi kalau dibandingkan dengan tahun kemarin (2018), tentunya saat ini cenderung turun sejak dua bulan lalu,” ucap Herjanto, seperti dilansir laman Kompas.com.

Meski trend penjualan mobil bekas saat Pemilu tengah mengalami penurunan, namun Herjanto menyatakan untuk pasar mobil bekas saat ini masih terus berjalan, terutama di segmen mobil kecil, seperti citycar atau hatchback.

Segmen mobil ini memang sejak awal tahun lalu, telah banyak dilirik oleh para konsumen mobil bekas, bahkan lebih laris jika dibandingkan dengan mobil murah di segmen mobil ramah lingkungan (low cost green car/ LCGC) atau MPV sejuta umat, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Meski begitu, Herjanto memprediksi jika penjualan pasar mobil bekas akan kembali pulih setelah Pemilu selesai, yaitu sekitar Mei mendekati libur hari raya Lebaran.

Lalu bagaimana dengan pameran otomotif IIMS 2019 yang tentunya menyediakan banyak promo mobil yang menarik?

Herjanto menganggap jika hal tersebut sudah biasa terjadi dan tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan mobil bekas.

“Kalau menjelang Lebaran, kemungkinan baru mulai bergerak lagi, meskipun tidak cukup agresif karena memang waktu yang mepet. Sedangkan kalau ada promo mobil baru, tentunya tidak bisa kita hindari lagi, dan hal itu selalu menjadi kendala kami. Namun, seperti yang telah saya bilang kalau segmen antara mobil baru dan bekas itu sangat berbeda,” terang Herjanto lagi.

Baca Juga: Ini Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Showroom Mobil Bekas

Seperti mengamini ucapan Herjanto, Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88 juga mengakui jika kondisi pasar mobil bekas saat ini cenderung stagnan, dan hal ini telah dirasakan sejak awal tahun 2019 lalu.

“Untuk grafiknya cenderung stagnan. Jadi kalau dibilang naik tidak, turun juga sedikit. Namun, untuk penjualan mobil bekas itu sebenarnya mengikuti mobil baru. Jadi kalau pergerakan mobil barunya bagus, tentu penjualan mobil bekas juga mengikuti. Sedangkan kalau dikaitkan dengan Pemilu sendiri, sepertinya memang tidak bisa dijadikan patokan. Jadi untuk hal ini, memang murni saya lihat kalau saat ini memang pasarnya saja yang sedang turun, serta belum momennya,” ucap Fischer.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, terutama mencari Avanza dan Xenia bekas, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Tiket GIIAS 2019 Tidak Naik, Mulai Dijual Pre Sale Hari Ini

OTOmart – Salah satu pameran otomotif kelas dunia,  yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show...

Ini Alasan Banyak Orang Memilih Honda Mobilio Bekas

OTOmart – Low MPV nampaknya bukan hanya sekedar merajai produk mobil baru saja, melainkan...

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...