Penjualan Mobil Bekas Mengalami Penurunan Jelang Lebaran

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
penjualan mobil bekas
Mobil Bekas (Getty Images)

OTOmart – Selain penjualan mobil baru, penjualan mobil bekas pun mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari penjualan mobil bekas selama periode sebelum bulan Ramadan atau menjelang Lebaran pada tahun ini.

Herjanto Kosasih, Senior Manager WTC Mangga Dua mengklaim jika penurunan penjualan mobil bekas menjelang Lebaran tahun ini telah mencapai angka 30 persen. Menurut Herjanto, terjadinya penurunan angka penjualan ini merupakan yang terparah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Low MPV Bekas Harga Di Bawah 100 Juta

“Kalau untuk angka penjualannya turun sekitar 20 sampai 30 persen dari kondisi yang sama sebelum Ramadan di tahun lalu. Sampai bulan kemarin itu, hanya terjual sebanyak 2.000 unit lebih sedikit. Biasanya itu bisa terjual sebanyak 2.600 unit,” ucap Kosasih, seperti dilansir laman Tempo.

Kalau untuk tahun ini, khusus untuk periode sebelum Ramadan, penjualan mobil bekas yang terdeteksi di WTC Mangga Dua hanya berhasil mencapai angka 2.000 unit. Padahal untuk tahun sebelumnya dapat mencapai angka 3.000 unit. Angka tersebut menunjukkan jika terjadi jumlah penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

“Biasanya penjualan mobil bekas di sini itu bisa terjual mulai dari 2.600 sampai 3.000 unit. Kalau mau dibandingkan bulan lalu, baru tahun ini saja bisa seperti ini, jadi nggak benar ini,” terangnya lagi.

Penjualan mobil bekas saat ini mengalami penurunan sebenarnya bukan tanpa alasan. Herjanto menuturkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya penurunan angka penjualan tersebut, yaitu akibat Pemilihan Umum (Pemilu), khususnya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Yang pertama itu pemilu, hasil pemilu, jadi sangat terasa sekali. Mau suka atau nggak realnya memang seperti itu,” ungkapnya.

Selain faktor pemilu, faktor lain yang turut memengaruhi angka penjualan adalah faktor tahun ajaran baru, serta digelarnya dua pameran otomotif terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia International Motor Show 2019 atau IIMS 2019 yang baru saja berakhir serta gelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 atau GIIAS 2019.

Baca Juga: Mau Beli Daihatsu Great Xenia Bekas? Pahami Dulu Plus Minusnya!

Kedua pameran otomotif ini juga menjadi salah satu faktor yang turut memengaruhi terjadinya penurunan penjualan mobil di pasar mobil bekas.

“Kalau untuk anak sekolah itu baru pada masuk, terus juga ada gelaran IIMS 2019, dan nanti sebentar lagi juga akan ada GIIAS 2019. Jadi deh semuanya tumpek blek itu,” ungkap Herjanto lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, terutama mencari Avanza dan Xenia bekas, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...