Penjualan Juni Positif Toyota Pimpin Pasar Otomotif

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Kondisi pasar otomotif secara nasional, khususnya mobil, pada Juni lalu relatif stabil baik di pasar ritel maupun di pasar whole sale. Di pasar ritel, total penjualan mencapai 94.060 unit atau 6,4% lebih tinggi dibandingkan Mei 88.400 unit, sedangkan di pasar whole sale mencapai 82.139 unit atau naik 3,5%. Dengan capaian tersebut, total penjualan di pasar whole sale sepanjang semester I 2015 sudah mencapai 525.458 unit dan di pasar ritel 526.737 unit.

“Total penjualan di pasar ritel yang lebih tinggi itu menunjukan bahwa menghadapi situasi saat ini, APM berhasil dalam menerapkan sejumlah strategi yang tepat sehingga produk tetap bisa diterima oleh pasar,” kata Suparno Djasmin, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Menurut Suparno Djasmin, TAM sendiri sudah melakukan strategi ini sejak akhir tahun lalu dengan melakukan pengendalian supply dan demand. “Dalam upaya mengoptimalkan kualitas pelayanan ke pelanggan, TAM menggunakan strategi yang dinamis dengan menyeimbangkan supply dan demand dengan tetap meningkatkan pelayanan dan product value,” katanya.

Secara keseluruhan, penjualan TAM di pasar ritel sepanjang semester I lalu mencapai 167.663 unit atau jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan atau suplai ke pasar whole sale sebesar 162.953 unit. Untuk itu, TAM optimis tetap memimpin pasar otomotif di Indonesia. Selain perbedaan market share yang cukup besar dibandingkan pesaing, menghadapi semester II ini TAM telah menyiapkan sejumlah strategi.

Data menunjukkan, dengan angka penjualan di pasar ritel sepanjang semester I sebesar 167.663 unit, penjualan mobil Toyota kini menguasai sekitar 33,8% total pangsa pasar mobil nasional. Bahkan untuk pasar kendaraan penumpang, dengan angka penjualan 159.681, penjualan mobil Toyota berhasil menguasai 41,6% pangsa pasar.

Untuk Juni 2015 lalu, total penjualan TAM di pasar ritel mencapai 31.746 unit dengan market share 33,8%. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan MPV yang mencapai 18,931 unit, dengan posisi ini, penjualan Toyota berhasil menguasai 45,8% pangsa pasar MPV. Kemudian penjualan Hatchback sebesar 7.276 unit dengan pangsa pasar 36,74%, SUV 3.835 unit dengan pangsa pasar 33,4% dan sedan 671 unit dengan pangsa pasar 45,28%.

Data juga mencatat, penjualan Toyota di segmen hatchback sepanjang Juni sebesar 7.276 unit merupakan angka penjualan tertinggi sepanjang 2015. Begitu pula penjualan di segmen SUV sebesar 3.835 unit merupakan penjualan terbaik sepanjang semester I lalu.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Berembun

OTOmart – Pernahkan Anda mengalami lampu depan mobil Anda redup? Lampu depan mobil menjadi...

Perbedaan Pelapis Jok Berbahan Kulit Sintetis dan Asli

Otomart, Jakarta – Bagian interior merupakan salah satu bagian yang menjadi daya tarik para...

Daftar Harga LMPV Tanah Air September 2018

OTOmart – Sejak melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, membuat beberapa pabrikan...

Selain Jalan Berlubang, Ini Penyebab Lain Kecelakaan Lalu Lintas

OTOmart – Semenjak awal tahun 2018 hingga Agustus 2018, telah terjadi banyak kasus kecelakaan...

Tips Mengecek Kode Produksi Ban Biar Tidak Beli Ban Kedaluwarsa

OTOmart – Ban merupakan salah satu komponen yang amat vital dalam sebuah kendaraan. Namun...

Mobil Bekas Modifikasi Paling Sulit Dijual

Memodifikasi kendaraan pribadi mungkin merupakan hobi bagi sebagian penggiat otomotif. Namun jika Anda terpikir...