Penjualan Honda Brio Dan Suzuki Ignis Beda Tipis!

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Honda Brio dan Suzuki Ignis merupakan model yang berada di kelas city car, yang mana pasar city car mulai tumbuh signifikan beberapa tahun belakangan. City car dinilai sebagai kendaraan yang nyaman untuk digunakan beraktifitas seharian. Ada yang menarik di kelas city car ini, yakni di angka penjualan Honda Brio dan Suzuki Ignis yang terlihat beda tipis.

Baca: Brio Satya Laris Manis Di Bulan Mei 2017

Suzuki Ignis yang sudah dua bulan menjajaki pasar city car ini berhasil menjadi mobil perkotaan terlaris selain Honda Brio. Apalagi Suzuki Ignis mengusung tagline urban SUV yang membuatnya makin diburu para pecinta mobil kota dengan desain layaknya suv.

penjualan-honda-brio-dan-suzuki-ignis-beda-tipis

Dilansir dari Kompas Otomotif, hadirnya Ignis mengangkat ”derajat” segmen city car, dari yang biasanya secara total hanya 1.100-1.800 unit per bulan, kini melonjak signifikan, rata-rata 4.000 unit sebulan. Total pasarnya (Januari-Mei) sudah 12.596 unit, atau naik 32 persenan dari 8.564 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Baca: SPK Suzuki Ignis Hampir Menembus Angka 5.000 Unit!

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Ignis sendiri mencapai 4.262 unit dengan market share 34 persen, dicapai dalam dua bulan saja. Sementara Brio, sepanjang Januari-Mei 2017, terjual 4.627 unit, atau merebut pangsa pasar 37 persen.

”Kalau data retail, Ignis mencpai 2.715 unit dengan market hare 35,4 persen. SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sampai 15 Juni, masuk 7.449 unit. Per Juni saja 1.200-an unit. Trennya nanti sampai tanggal 20 masih bertambah,” ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

penjualan-honda-brio-dan-suzuki-ignis-beda-tipis

Dari komposisi unit mana yang paling banyak terjual, Ignis tipe GX berkontribusi sekitar 82 persen, yang kemudian dibagi lagi 34 persen transmisi manual, dan 48 persen AGS (Automated Gear Shift). Sisanya, 18 persen, hasil penjualan Ignis tipe GL (standar).

Saat ini, Suzuki Ignis masih impor langsung secara utuh dari India. Kata Donny, sudah 6.000-an unit dikirim, atau masih ada kekurangan 1.400-1.500 unit. 2.000 unit lainnya akan datang setelah Lebaran.

”Inden saat ini masih menumpuk di 1.500-an (unit). Konsumen akan menunggu kira-kira satu bulanan. Kan memang terpotong Lebaran, jadi kurang efektif harinya,” ucap Donny.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan...

Sebelum Menguras Air Radiator, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

OTOmart – Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan agar tidak terjadi overheat...

Tips Memeriksa Sistem Transmisi Mobil Bekas Dengan Mudah

OTOmart – Jika Anda berkeinginan membeli sebuah mobil bekas dengan sistem transmisi otomatis, maka...

Ingin Tingkatkan Kualitas Audio Mobil Anda? Coba Gunakan Alat Ini

OTOmart – Salah satu poin penting bagi sebagian orang dan wajib terdapat di dalam...

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...