Gunakan BBM RON 92 Agar Kendaraan Bertenaga Saat Arus Balik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ron
Mudik aman dan lancar dengan BBM RON 92 (Twitter)

OTOmart – Menjelang arus balik Lebaran, kekhawatiran para pemudik yang menggunakan mobil pribadi dalam menentukan bahan bakar terutama RON yang tepat dalam perjalanan mudiknya sudah dirasakan oleh pakar otomotif yang berasal dari Institut Teknologi Bandung, yaitu Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

Karena itu, Tri menyarankan agar para pemudik yang akan melakukan arus balik sebaiknya menggunakan bahan bakar minyak berkadar oktan atau research octane number (RON) yang tinggi.

Untuk pilihannya sendiri, Tri menyarankan kepada para pemudik untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 92 ke atas, atau lebih dikenal dengan Pertamax. Hal ini didasari karena bahan bakar tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan saat ini.

Baca Juga: Tips Untuk Hemat Bahan Bakar Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Tri menjelaskan bahwa teknologi mesin kendaraan saat ini sudah tidak cocok lagi jika menggunakan BBM dengan RON rendah. “Sejak tahun 2003, teknologi mesin kendaraan bermotor yang ada saat ini sudah tidak cocok lagi jika menggunakan RON rendah, seperti jenis Premium. Saat ini mesin kendaraan sudah sangat cocok jika menggunakan BBM dengan RON tinggi,” ucap Tri, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Tri juga menegaskan, apabila para pemudik nekat menggunakan bahan bakar jenis Premium tersebut, maka akan berdampak buruk bagi mesin kendaraannya. Berbagai keluhan pun akan timbul seperti kinerja rendah, boros BBM serta yang paling fatal adalah turun mesin.

“Kalau sudah turun mesin biaya yang dikeluarkan tentunya sangat mahal. Untuk Avanza saja, jika pistonnya sampai rusak, maka biaya perbaikannya bisa mencapai Rp6 hingga Rp7 juta,” terang Tri.

ron
Pertamina siap gunakan bbm Euro4 September mendatang (twitter)

Jika antara jenis BBM yang digunakan dengan spesifikasi kendaraan tidak sesuai, maka menurut Tri hal ini akan berdampak langsung terhadap kinerja kendaraan tersebut, seperti tenaga yang rendah, akselerasi yang tidak optimal serta tidak mampu berjalan di jalan yang menanjak.

Selain itu, dampak tersebut menurutnya akan semakin meluas jika saja kendaraan yang digunakan merupakan kendaraan versi terbaru. Sebab, Indonesia saat ini telah menerapkan standar emisi bahan bakar yang lebih tinggi, yaitu Euro4 yang akan mulai diberlakukan mulai bulan September tahun 2018.

Baca Juga: 3 Poin Penting Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Menurut Tri, dampak bagi kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar jenis Premium dapat menyebabkan injektor menjadi tersumbat sehingga membuat BBM tidak disuplai dengan cukup banyak. Hal ini tentu mengakibatkan terjadinya penurunan tenaga sehingga kendaraan tidak akan kuat saat menanjak.

“Karena pembakarannya tidak sempurna, maka akan menyebabkan timbulnya banyak kerak di dalam ruang pembakaran. Kerak-kerak ini akan meningkatkan kompresi yang membuat mesin mengelitik. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan membuat mesin menjadi rusak. Selain itu, dapat membuat piston bolong atau stang piston menjadi bengkok karena hal ini,” terang Tri lagi.

Timbulnya kerak, menurutnya, dikarenakan bahan bakar jenis Premium tidak mengandung zat aditif. Berbeda jauh dengan BBM dengan RON tinggi yang telah ditambahkan dengan zat pembersih.

Karena itu, penggunaan BBM RON tinggi sebaiknya tidak hanya dilakukan saat mudik saja, melainkan saat berkendara setiap hari, baik ketika perjalanan jarak dekat dan di dalam kota.

Selain kendaraan keluaran terbaru, sebaiknya kendaraan lawas yang diproduksi sebelum tahun 2003 juga menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, setidaknya yaitu RON 90.

Baca Juga: Begini Cara Bedakan SPBU Milik Pertamina dengan Swasta

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...