Tingkatkan Produksi Mobil Sedan, Pemerintah Revisi PPnBM Sedan

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
produksi mobil sedan
Sumber: VivaNews

OTOmart – Demi mendorong produksi mobil sedan agar dapat seimbang dengan kendaraan jenis lainnya, membuat pemerintah melakukan revisi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan agar mobil sedan tidak masuk ke dalam kategori barang mewah.

“PPNBM kendaraan akan segera kita ubah, sebab saat ini mobil sedan merupakan factor produksi bukan merupakan barang mewah,” ucap Sri Mulyani, seperti dilansir laman Detik.com.

Tarif PPnBM saat ini untuk mobil sedan sebesar 30%, sedangkan untuk kendaraan penumpang jenis lainnya hanya dikenakan PPnBM sebesar 10 hingga 20% saja. Karena itu, banyak orang Indonesia yang sepertinya ogah untuk membeli mobil sedan sebab tingginya pajak kendaraan tersebut. Hal itu membuat produksi sedan dalam negeri menjadi tidak dapat berkembang. Padahal di luar negeri, mobil sedan banyak diminati oleh para konsumennya.

Baca Juga: Ini Daftar Harga Mobil Sedan Bekas Namun Tetap Mewah

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa revisi pajak sedan dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk upaya dalam mendorong kegiatan industry yang ada di dalam negeri, terutama dari sisi fiskalnya. Salah satunya adalah memproduksi mobil berjenis sedan.

“Pertama pengembangan industri otomotif serta memberikan nilai tambah untuk produk yang ada di dalam negeri. Karena itu, kita akan melihat apakah mampu dalam mengembangkan mobil ini lebih lanjut sesuai dengan desain dan template yang telah diberikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin),” jelasnya.

Sri Mulyani juga menambahkan bahwa langkah ini dilakukan oleh pemerintah bukan hanya untuk mendorong produksi mobil sedan saja, namun juga untuk berbagai hal lainny, seperti mobil listrik. Ini artinya, langkah ini dilakukan untuk melihat berbagai potensi yang nantinya akan terjadi di masa mendatang.

“Terlebih juga dalam pengembangan kendaraan listrik, nantinya hal ini akan menjadi tren ke depan. Karena itu, tidak hanya melihat alat transportasi saja, namun juga address mengenai isu perubahan iklim itu sendiri. Selain itu, sistem pajaknya nanti akan kita lihat, apakah PPnBM merupakan salah satu faktornya, namun faktor lain yang harus diketahui adalah seperti apa pengembangannya, nanti kita lihat bagaimana hasilnya dari Kemenperin,” ucapnya lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mazda CX 30 Resmi Meluncur, Segini Loh Harga Resminya!

OTOmart – Setelah melakukan debut di ajang Geneva Motor Show pada tahun lalu, Mazda...

Suzuki XL7 Sudah Bisa Dipesan, Estimasi Pengiriman Maret 2020

OTOmart – Semakin meningkatnya tren mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), membuat banyak pabrikan...

Ini Penyakit Pada Honda CRV Bekas Yang Sering Terjadi

OTOmart – Honda CRV bekas kini masih menjadi favorit pilihan masyarakat Indonesia, mengingat statusnya...

Daftar 10 Mobil Terlaris 2019 Berdasarkan Data Gaikindo

OTOmart – Sepanjang tahun 2019 lalu, total penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia berhasil...

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...