Pemerintah Keluarkan Aturan Terkait Recall Bagi Para APM

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
recall
Pemerintah tetapkan aturan recall bagi para APM (Holiday Service)

OTOmart – Pelatih Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menilai jika peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Pemerintah mengenai kewajiban bagi produsen otomotif untuk melakukan recall sangat baik. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk dari perhatian Pemerintah kepada para pengguna kendaraan di jalan raya.

Jusri juga mengatakan bagi para produsen otomotif jika mendapati produknya mengalami masalah atau cacat produksi sesuai dengan hasil investigasi perusahaan, maka wajib untuk melakukan penarikan kembali (recall) untuk dilakukan perbaikan bagian komponen yang rusak. Hal ini sesuai dengan Permenhub Nomor 33/2018 mengenai Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor di Pasal 79.

Baca Juga: Mitsubishi Resmi Lakukan Recall Mitsubishi Pajero Sport 2016

“Hal ini merupakan kebijakan yang cukup luar biasa yang biasanya dilakukan oleh negara-negara maju. Selain itu, para produsen juga wajib melakukan recall dan jangan pernah menutup-nutupinya. Sebab, ketidakjujuran di Indonesia itu sama saja penyakit masyarakat,” ucap Jusri, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Kamis (28/6).

Jusri juga menjelaskan jika peraturan terbaru dan telah diterbitkan tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi setiap produsen otomotif untuk senantiasa meningkatkan citra perusahaannya di mata para konsumen.

“Saya justru berpikir bahwa cara ini akan efektif karena komitmen dari perusahaan. Seperti di negara-negara lain, langkah recall justru dianggap sebagai good marketing. Dampaknya adalah tingkat kepercayaan masyarakat ke produk tersebut menjadi lebih tinggi. Karena itu jangan sampai di Indonesia sebatas kebijakan seremonial saja (tidak adanya interaksi antara produsen dengan konsumen),” terang Jusri lagi.

Saat ini kewajiban para agen pemegang merek (APM) untuk melakukan recall telah dicantumkan dan telah di atur dalam Permenhub Nomor 33/2018 Pasal 79 ayat 3 yang mulai efektif berlaku pada bulan April 2018.

Aturan ini sebelumnya hanya tercatat pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 perihal Perlindungan Konsumen, dimana dahulu hanya bersifat sukarela saja tanpa sepengetahuan pemerintah.

Karena itulah Permenhub terbaru dikeluarkan untuk menjelaskan secara lebih mendetail mengenai mobil recall di Tanah Air dan telah tertulis di dalam Pasal 79 terangkum 6 ayat yang membahas mengenai penarikan kembali.

Baca Juga: Sensor Airbag Bermasalah, Toyota Recall 24 Ribu Kendaraannya

Menanggapi aturan tersebut, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan jika pihaknya sangat mendukung Permenhub baru tersebut guna meningkatkan pelayanan kepada para konsumen.

“Toyota Indonesia berkomitmen untuk selalu mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan best ownership experience kepada para pelanggan,” terang Soerjo.

“Guna mendukung peace of mind pelanggan, kami juga memberikan warranty 100.000 km atau 3 tahun (tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu) melalui 320 outlet Daihatsu yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga para pelanggan dapat aman dan nyaman ketika berkendara menggunakan mobil Toyota,” jelas Soerjo.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...

Mau Beli Livina Bekas? Berikut Ini Panduan Lengkapnya

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina bekas menjadi salah satu kendaraan...