Dalam Waktu Dekat, Pelat Nomor Digital Akan Segera Digunakan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
digital
Sumber: Techno.id

OTOmart – Seperti yang diketahui, beragam teknologi mutakhir yang berkaitan dengan dunia otomotif terus menerus dikembangkan dan juga telah banyak yang diperkenalkan ke publik. Hal ini sengaja dilakukan guna mempermudah segala aktifitas manusia. Salah satu teknologi mutakhir yang kabarnya akan segera diperkenalkan lainnya adalah pelat nomor digital.

Pelat nomor digital kabarnya akan segera digunakan tidak lama lagi, dan negara yang nantinya bakal menerapkan hal ini adalah Dubai. Seperti namanya, pelat nomor ini akan menggunakan layar digital dan didukung dengan beberapa fitur, seperti Global Positioning System sampai pemancar.

Baca Juga: Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Dengan e-Samsat

Dilansir laman BBC, Kamis (12/4), pelat nomor canggih tersebut juga dapat memberikan informasi darurat kepada pihak berwenang jika mobil yang sedang digunakan mengalami kecelakaan.

“Pelat nomor ini selain mampu memberikan informasi ke polisi serta layanan ambulans setelah terjadinya kecelakaan, ternyata juga mampu untuk melakukan komunikasi langsung dengan para pengemudi lainnya mengenai kondisi lalu lintas ataupun kecelakaan di depannya,” ucap Sultan Abdullah Al-Marzouqi, Kepada Departemen Lisensi Kendaraan dan Otoritas Transportasi Dubai (RTA).

Namun selain itu, beberapa kabar juga menyebutkan bahwa pelat nomor canggih ini juga dapat memberikan peringatan kepada pemilik kendaraan jika kendaraannya dicuri, sehingga dapat memungkinkan otoritas transportasi melacak pengendara serta meningkatkan keamanannya.

Pelat pintar ini ternyata juga membuat sistem pembayaran parkir menjadi semakin mudah, sebab penagihannya akan langsung dapat terintegrasi dengan akun penggunanya. Di mana operasionalnya dapat dilakukan menggunakan aplikasi atau melalui situs web RTA.

Baca Juga: Keputusan MA: Biaya Pengesahan STNK Dihapus! Apa Pengaruhnya?

Dubai memang dikenal sebagai negara yang mempunyai ambisi besar untuk dapat memperluas penggunaan teknologi pada sistem transportasi mereka. Karena itu, mereka sangat mengharapkan agar populasi kendaraan swakemudi yang merupakan syarat dari teknologi dapat menguasai jalanan pada tahun 2030 mendatang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...

Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Indonesia Belum Bisa Masuk

OTOmart – Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2019 lalu, Daihatsu telah membangkitkan...

Seltos X-Line Meluncur Di India, Berikut Spesifikasinya!

OTOmart – KIA Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di...