Pasang Kaca FIlm, Hemat BBM 3%

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Kaca film diketahui memiliki fungsi sebagai perangkat yang berguna meminimalisir cahaya matahari yang masuk ke mobil, serta mencegah serpihan kaca terlempar ke pengemudi seandainya kecelakaan terjadi. Namun ada juga pemilik yang gemar tampil ‘transparan’ tanpa menggunakan kaca film.

Pasang Kaca FIlm, Hemat BBM 3%Tentu kebutuhan terhadap kaca film di negara tropis menjadi menu wajib bagi Agen Pemegang Merek (APM) mobil di Indonesia. Tak heran bila window film kini menjadi paket dalam penjualan mobil di Tanah Air. Dan tidak sedikit, APM kaca film pun menjadi partner, seperti Solargard, V-Kool, 3M dan lainnya.

Kini kaca film juga diketahui dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Hal ini telah dibuktikan oleh V-Kool selaku distributor kaca film dengan nama merek yang sama, melalui sebuah riset yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kami menemukan bahwa menggunakan kaca film bisa membuat konsumsi BBM lebih rendah 3 persen/tahun/semester. Ini setara dengan tidak jadi membuang 132 kg co2, dan menanam 11 pohon,” ujar Linda Wijaya , Wakil Presiden Direktur PT V -KOOL Indo Lestari,

Menurutnya, hal ini disebabkan karena kinerja AC  tidaklah berat. Dengan memasang kaca film membuat kabin menjadi lebih sejuk sehingga pengguna mobil tak perlu memasang pendingin udara (AC) di suhu maksimal.

Saat menyetel AC pada kapasitas maksimum, akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Akibatnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan menyalakan AC di suhu minimum karena kondisi kabinnya sudah sejuk.

Dengan kabin yang lebih sejuk, pemilik akan mengatur tingkat kedinginan AC dengan angka suhu yang normal. Ketika kabin sudah terjaga suhunya, maka kompresor AC tidak perlu bekerja keras. Tapi ketika suhu kabin panas, kompresor bekerja terus, itu yang membuat bahan bakar boros,

Sehingga dengan memasang kaca film tersebut, orang-orang tidak perlu lagi khawatir akan panas dan gelisah akan kabin yang terasa panas.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...