Ternyata Parkir di Luar Garasi Dapat Perpendek Usia Mesin Mobil

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
garasi
Ternyata parkir di luar garasi dapat memperpendek usia mesin mobil (Morguefile)

OTOmart – Walaupun telah ada imbauan dari beberapa pihak terkait, namun ternyata masih saja banyak dari pemilik kendaraan roda empat yang memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka. Padahal, memarkir kendaraan di garasi mempunyai banyak manfaat. Selain dapat menjaga cat mobil tetap kinclong, ternyata memarkir kendaraan di dalam garasi juga dapat membuat mesin mobil bertahan lebih lama.

Dilansir laman Drivespark, terdapat beberapa alasan mengapa hingga saat ini masih banyak orang yang parkir di tepi jalan dibandingkan garasi. Mulai dari tidak mempunyai garasi di rumah hingga malas untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa garasi atau pun parkir di basement. Hal ini tentu akan menyebabkan mobil mengalami hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Beli Kendaraan Di Jakarta Wajib Tunjukkan Bukti Kepemilikan Garasi

Dengan memarkirkan kendaraan Anda di garasi, setidaknya Anda dapat tercegah dari tindak pencurian atau berbagai masalah vandalism yang seringkali terjadi pada mobil Anda. Selain itu, berbagai unsur alam yang tidak dapat diharapkan juga dapat dihindari, seperti hujan lebat dan berangin, lumpur serta panas yang ekstrem (radiasi Ultra Violet) dan berbagai hal lainnya yang dapat merusak bagian eksterior mobil Anda. Sebab, pada umumnya mobil yang diparkir di luar ruangan akan terkena berbagai masalah seperti pembentukan kotoran atau asam pada cat kendaraannya.

Selain itu, komponen karet yang terdapat di mobil seperti pipa, selang, hingga wiper dapat cepat menua akibat dari mobil yang tidak diparkir di garasi Anda. Akan tetapi, hal yang paling rentan dari memarkir kendaraan di tempat terbuka adalah dapat memperpendek usia mesin mobil tersebut.

Hal ini dikarenakan, saat kendaraan diparkir di dalam garasi, maka secara otomatis suhu di bawah kap mesin akan tetap stabil dan tidak berfluktuasi dengan kenaikan atau terjadinya penurunan suhu seperti yang terjadi di luar rumah. Hal ini juga dapat menjaga oli mesin tetap pada viskositas optimalnya saat mobil pertama kali dinyalakan. Sehingga, mesin mobil dapat tetap berjalan dengan sangat lancar dan dalam jangka waktu yang cukup panjang dalam memperpanjang usia mesin mobil tersebut.

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Ini Agar Mobil Parkir Dengan Aman

Saat diparkir di garasi, kinerja AC atau pendingin ruangan mobil dapat bekerja secara maksimal jika dibandingkan di parkir di luar ruangan. Hal ini disebabkan karena saat diparkir di luar, suhu udara akan menjadi terlalu panas sehingga ketika AC dinyalakan, maka komponen tersebut akan bekerja ekstra keras dalam mendinginkan bagian dalam interior mobil tersebut.

Selain merusak bagian eksteriornya, ternyata memarkir kendaraan di luar garasi juga akan merusak bagian interiornya. Dimana bagian dasbor serta lapisan kulit interior dapat memudar dengan sangat cepat. Bahkan dalam beberapa kasus ekstrem, sistem hiburan akan cepat rusak akibat dari membran speaker mengalami keretakan hingga hancur. Selain itu, ada juga kemungkinan pada beberapa bagian pentingnya menjadi tidak tahan panas bahkan terkelupas.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan...

Sebelum Menguras Air Radiator, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

OTOmart – Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan agar tidak terjadi overheat...

Tips Memeriksa Sistem Transmisi Mobil Bekas Dengan Mudah

OTOmart – Jika Anda berkeinginan membeli sebuah mobil bekas dengan sistem transmisi otomatis, maka...

Ingin Tingkatkan Kualitas Audio Mobil Anda? Coba Gunakan Alat Ini

OTOmart – Salah satu poin penting bagi sebagian orang dan wajib terdapat di dalam...

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...