Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
modifikasi calya
Toyota Calya 1.2 E

OTOmart – Anda ingin melakukan modifikasi Calya atau hanya ingin mengubah tampilannya agar terlihat berbeda dengan yang lain? Sebaiknya Anda tidak melakukan modifikasi sembarangan dan berlebihan, apalagi jika harus mengorbankan kenyamanan penumpang dan penggunanya.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, untuk melakukan modifikasi Calya dapat disesuaikan dengan karakter pemiliknya. Toyota Calya sendiri masuk dalam kategori mobil yang cukup aktif dan sering digunakan. Karena itulah penting bagi para pemilik Toyota Calya untuk memperhatikan beberapa aspek sebelum melakukan modifikasi.

Baca Juga: New Calya Dirilis, Harga Toyota Calya Bekas Menurun?

“Salah satu aspek yang tentunya perlu diperhatikan adalah kenyamanan. Karena itu, sifat modifikasinya tentu lebih ke yang ringan-ringan saja, seperti mengganti aksesori, atau memasang antenna model sirip hiu atau mengganti logo di bagian depan Toyota,” terang Suparman, seperti dilansir laman Auto2000.

Sedangkan untuk hal yang menyangkut kelistrikan, seperti melakukan penggantian lampu utama dengan pemasangan LED, dan pemasangan Daytime Running Light (DRL) sebaiknya dihindari. Sebab, melakukan modifikasi pada bagian kelistrikan akan berdampak pada garansi mobil tersebut di kemudian hari.

Menurut Suparman, sebaiknya pemilik Toyota Calya hanya bermain grafis minimalis dengan melakukan pemasangan stiker di beberapa bagian bodi. Namun, usahakan agar grafis pada modifikasi tersebut tidak terlalu ramai. Sebab, dapat mengganggu estetika.

Sedangkan untuk urusan kaki-kaki atau pelek, Suparman menuturkan agar sebaiknya tidak mengubah bagian tersebut. Sebab, pemilihan ukuran, bobot, hingga material yang digunakan untuk satu model kendaraan, tentunya telah melalui berbagai hitungan yang ketat dari pabrikan.

Modifikasi Calya

Jika pemilik mobil masih bersikeras untuk tetap mengganti pelek, sebaiknya tidak melakukan perubahan ukuran pelek. Sebab, jika sampai mengubahnya, maka secara otomatis akan menambah biaya operasional lebih banyak lagi. Mulai dari melakukan penggantian ban hingga perubahan geometri pada bagian kaki-kaki serta suspensi kendaraan. Kondisi ini tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

Suparman pun menyarankan, jika ingin melakukan banyak perubahan pada mobil ini, maka sebaiknya Anda memfokuskan pada bagian kabin mobilnya saja, seperti memasang lapisan kulit sintetis di bagian jok, atau menambah ragam aksesori yang sifatnya plug n play saja.

“Untuk Calya, bagian kabin lebih cocok untuk dimodifikasi agar pengendara dan para penumpang dapat lebih nyaman ketika berada di dalamnya. Jadi kalau Anda mau melakukan modifikasi kendaraan tersebut, saya pribadi akan menyarankan untuk memfokuskan pada bagian kabin agar dapat menambah unsur kenyamanan,” pungkas Suparman.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...