Panduan Cari Avanza 2004 Biar Tidak Tertipu Oknum Nakal

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
avanza 2004
Toyota Avanza 1.3 G 2004

OTOmart – Toyota Avanza 2004 merupakan generasi pertama dari seri Avanza yang pertama kali dirilis oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan telah berhasil memikat para konsumen Indonesia di masanya. Kendaraan LMPV unggulan dari Toyota ini dikenal juga dengan sebutan “mobil sejuta umat”.

Avanza 2004 merupakan mobil yang selama ini dikenal sebagai mobil yang tahan banting, irit bahan bakar, serta mempunyai harga jual yang relatif stabil sehingga meskipun sudah tidak lagi diproduksi sejak tahun 2011 lalu, namun masih banyak para pemburu mobil bekas yang memburu mobil ini.

Baca Juga: Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

Toyota menawarkan Avanza keluaran tahun 2004 ini dengan dua tipe mesin. Yang pertama adalah mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 120 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Mesin kedua berkode 3SZ-VE berkapasitas 1.500 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada putaran mesin sebesar 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 120 Nm/4.400 rpm. Toyota Avanza lansiran tahun 2004 juga dilengkapi dengan dua pilihan trim, yaitu E dan G, serta satu unit Avanza limited edition bertipe S.

Kelebihan

Sebagai generasi pertama, Toyota Avanza lansiran tahun 2004 dikenal mempunyai beberapa kelebihan, seperti desain yang tidak membosankan, ukuran kabin yang cukup lega, tampilan interior yang tidak ketinggalan zaman, mesin yang tangguh, kaki-kaki yang kokoh, AC sudah double blower kecuali untuk tipe E, irit bahan bakar, harga jual yang stabil, serta spare part yang mudah untuk ditemukan.

Kekurangan

Meski begitu, Toyota Avanza 2004 mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, seperti minimnya fitur keselamatan, pelat bodi yang terbilang tipis, suspensi yang tidak nyaman, serta kursi bagian belakang yang cukup sempit untuk ukuran orang dewasa.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Toyota New Avanza 2019 OTR Jakarta

Panduan Memilih Toyota Avanza 2004

avanza 2004 belakang
Toyota Avanza 1.3 G (belakang)

Jika Anda memburu kendaraan ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak tertipu oleh oknum showroom mobil bekas, antara lain yaitu:

Rekam Perawatan (Service Record)

Toyota Avanza 2004 bukanlah mobil yang sulit untuk dirawat. Meski begitu, sebaiknya Anda menanyakan perihal servis record yang telah dilalui oleh kendaraan ini. Bahkan menurut staf Service Advicer Tunas Toyota yang berada di wilayah Jatiwaringin, Jakarta Timur, M. Hamid, sebaiknya yang perlu diperhatikan adalah selama 3 tahun pertama, mobil ini telah dirawat dengan baik di bengkel resmi.

“Ya, setidaknya selama 3 tahun pertama, mobil sudah pernah dirawat dengan baik di bengkel resmi Toyota,” ucap M Hamid, seperti dilansir laman Otodriver.

Odometer

Baca Juga: Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

Avanza generasi pertama ini telah dikenal sebagai mobil yang tahan banting serta irit konsumsi bahan bakar sehingga rentan menjadi mobil yang sering digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Karena itu, odometer menjadi salah satu komponen yang sebaiknya tidak luput dari perhatian Anda. Sebab, tidak jarang oknum showroom mobil bekas memanipulasi komponen odometer ini. Karena itu, sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan pada beberapa komponen lain, seperti pedal gas, rem, kopling, handel transmisi, serta bagian lainnya yang seringkali digunakan untuk mengecek apakah terjadi keausan pada komponen-komponen tersebut.

Material Interior

Dengan banderol harganya yang cukup ekonomis, maka cukup wajar jika material yang digunakan pada Toyota Avanza 2004 bukanlah material terbaik sehingga jika tertabrak oleh kendaraan lain akan sangat sulit untuk memperbaikinya seperti semula, kecuali jika Anda mengganti body part-nya. Selain itu, komponen kisi-kisi AC pada mobil ini juga sering patah.

Itulah beberapa panduan untuk memilih Toyota Avanza 2004 yang bisa Anda terapkan. Untuk mengetahui harga lengkap Toyota Avanza lansiran 2004 silahkan klik di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Alasan Penjualan Mobil Xenia Bekas Masih Kalah Dibanding Avanza

OTOmart – Salah satu mobil sejuta umat, yaitu Daihatsu Xenia dikenal sebagai kembaran Toyota...

Ini Arti Lampu Indikator Mitsubishi Pajero Sport Berkedip

OTOmart – Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil dan terkadang seringkali diabaikan kehadirannya...

Budget Rp 150 Juta Pilih Sigra Terbaru Atau Mobil Xenia 2018?

OTOmart – Mobil MPV banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai kapasitas penumpang yang...

Segini Biaya Penggantian Karet Support Sokbreker Grand Livina

OTOmart – Grand Livina merupakan salah satu mobil berjenis LMPV produksi Nissan Motor yang...

Lampu Check Engine Captiva Menyala Terus? Ini Loh Penyebabnya!

OTOmart – Chevrolet Captiva dikenal sebagai salah satu mobil SUV gagah andalan Chevrolet yang...

Calya dan Sigra Anda Boros Bahan Bakar? Ini Penyebabnya!

OTOmart – Calya dan Sigra merupakan salah satu mobil berjenis LMPV berkapasitas 7 seater...