Pemerintah Terapkan One-Way System Saat Mudik Lebaran 2019

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mudik lebaran 2019
Tol Trans Jawa (Mitsubishi Motors)

OTOmart – Salah satu hal yang seringkali terjadi ketika memasuki musim mudik Lebaran 2019 adalah kemacetan. Dengan bersamaannya libur bersama yang dijadwalkan oleh pemerintah, membuat banyak masyarakat memanfaatkannya untuk mudik ke kampung halaman. Hal ini tentu membuat kepadatan lalu lintas terjadi, terutama di sepanjang jalan Tol.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, Pemerintah berencana untuk menerapkan sistem satu arah alias one-way system saat terjadinya mudik Lebaran 2019. Hal ini disampaikan langsung oleh Joko Santoso, Kasub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Baca Juga: Daftar Produk Mobil Daihatsu Yang Siap Dibawa Mudik Plus Diskonnya

Joko menuturkan, potensi kepadatan lalu lintas saat musim mudik Lebaran 2019 akan sangat sulit untuk dihindari, apalagi setelah adanya Jalan Tol Trans Jawa yang membuat euforia masyarakat sangat tinggi untuk menggunakannya.

“Sekarang jalan Tol sudah bisa terhubung mulai dari Jakarta bahkan Merak hingga ke Probolinggo ini sudah bisa diakses. Besar kemungkinan akan banyak masyarakat yang menggunakan akses jalan Tol ini untuk mudik ke kampung halamannya. Berdasarkan hasil rapat kemarin, sepertinya mengarah ke one-way system. Namun untuk keputusannya sendiri nanti akan dideklarasikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub),” terang Joko, seperti dilansir laman Kompas.com.

Joko pun menjelaskan jika penggunaan sistem satu arah ini merupakan hasil dari evaluasi ketika arus balik tahun 2018 lalu. Walaupun saat itu penerapannya terkesan mendadak, namun dari tingkat keberhasilannya dalam hal kelancaran boleh dibilang cukup sukses.

Walau belum secara resmi diputuskan, namun jika memang pemerintah akan menerapkan sistem tersebut, maka sebaiknya pemerintah lebih gencar lagi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas. Sebab, dengan diterapkannya sistem satu jalur ini tentu akan menutup jalur masyarakat, baik yang berasal dari arah Bandung maupun Jawa Tengah yang hendak ke Jakarta. Hal ini juga berlaku ketika arus balik nanti.

“Jadi ketika arus mudik Lebaran 2019 dan arus balik nanti rencananya bakal menggunakan one-way system, namun untuk teknis pelaksanaannya akan dimulai dari jalan tol ke arah Jakarta menuju Semarang yang akan dimulai dari Km 29 di Cikarang sampai Km 262 yang lokasinya berada di daerah Brebes Barat,” terang Joko lagi.

Baca Juga: Info Mudik Lebaran Melalui Jalur Alternatif di Pulau Jawa

Adapun jangka waktu penerapan sistem ini akan berlangsung selama 24 jam dalam waktu tiga hari yang akan dimulai dari 31 Mei, 1 dan 2 Juni 2019 selama musim mudik Lebaran 2019. Namun untuk arus balik, akan menggunakan sistem yang sama, dimulai dari tanggal 7 hingga 9 Juni 2019 yang dimulai dari Km 188 Palimanan hingga sampai di gerbang Cikarang Utama di Km 29.

“Untuk penerapan one-way system tersebut, pemerintah hingga saat ini masih mengkajinya. Hal ini berdasarkan evaluasi tahun lalu. Sedangkan untuk waktunya sendiri kemungkinan 24 jam, namun untuk keputusan dan kepastiannya sendiri akan segera diumumkan oleh Kemenhub,” terang Joko lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, terutama mencari Avanza dan Xenia bekas, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...