Inilah Spesifikasi Oli yang Bagus Untuk Kendaraan Anda?

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
oli yang bagus
Sumber: Otospek

Otomart – Oli merupakan minyak pelumas yang berupa cairan kental. Fungsinya sendiri cukup penting untuk merawat seluruh komponen yang terdapat di dalam mesin serta menambah usia pakai mesin kendaraan Anda. Berbagai lapisan yang terdapat di dalam oli yang bagus berfungsi untuk mencegah terjadinya gesekan antar logam di dalam komponen mesin.

Umumnya, semua jenis oli mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagi pelumas agar mesin dalam berjalan dengan mulus dan lancar tanpa hambatan. Namun, hal terpenting dari sebuah oli adalah tingkat kekentalan (viscocity) yang terdapat di dalamnya. Setiap pelumas atau oli ditujukan untuk keperluan mesin yang berbeda-beda, seperti kendaraan  bermesin diesel yang mempunyai temperatur tinggi tentunya menggunakan oli yang tidak sama dengan kendaraan yang mempunyai mesin bensin.

Baca Juga: Ganti Oli Kendaraan Ditentukan Jarak Atau Waktu? Ini Jawabannya

Jika oli yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik mobil Anda, dapat mengakibatkan penurunan performa pada mesin. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja mobil Anda, sehingga menyebabkan mesin cepat panas dan aus karena sirkulasi oli tidak berjalan lancar. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan merusak komponen mesin lainnya secara perlahan.

Untuk itu, selalu perhatikan beberapa hal ini agar Anda tidak salah dalam menentukan mana oli yang bagus bagi mobil Anda seperti dilansir Deltalube.com.

  • Kenali karakter kendaraan

Untuk mendapatkan oli yang bagus, terlebih dahulu Anda harus memahami spesifikasi mesin serta lingkungan berkendara Anda. Pada umumnya kebutuhan oli saat musim panas dengan musim dingin berbeda. Namun, karena di Indonesia, musimnya tidak terlalu ekstrim sehingga Anda dapat mencari informasi mengenai teknologi mesin dan jenis oli yang cocok dari buku manual atau bertanya ke bengkel resmi. Sebab apapun merek oli yang Anda gunakan, selama spesifikasinya dapat diterima oleh mesin kendaraan Anda, maka keamanan mesin akan tetap terjamin.

Baca Juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil yang Baik dan Benar

  • Perhatikan tingkat kekentalan

Tingkat kekentalan oli atau Viscocity-Grade adalah ukuran kekentalan pelumas saat mengalir pada sela-sela komponen yang dinyatakan dalam nomor-nomor SAE (Society of Automotive Engineer). Semakin besar angka SAE berarti pelumasnya semakin lebih kental. Sedangkan huruf W yang berada di antara dua angka merupakan singkatan dari “Winter”. Nah, jika oli ditandai dengan dua macam angka, seperti oli SAE 10W40, maka berarti oli tersebut multigrade atau mempunyai tingkat kekentalan SAE 10 ketika mesin dalam kondisi dingin dan SAE 40 ketika mesin dalam kondisi panas.

Kekentalan oli juga mempengaruhi terhadapa performa kendaraan Anda, adapun oli yang baik adalah oli yang mempunyai tingkat kekentalan yang stabil atau mampu bertahan sama baiknya ketika suhu mesin rendah dan tinggi. Mesin mobil generasi terbaru membutuhkan pelumas yang lebih cair seperti SAE 10W30, sedangkan bagi mobil diesel atau mobil dengan tenaga yang lebih besar membutuhkan pelumas yang lebih kental seperti 20W50.

Dengan perkembangan teknologi zat aditif saat ini, meskipun oli terlihat encer, namun mempunyai daya pelumasan yang bagus.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...