OJK Terbitkan Aturan DP 0% Untuk Pembiayaan Kendaraan Bermotor

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
dp
OJK terbitkan aturan pembiayaan kendaraan bermotor dengan DP 0% (Jakarta Post)

OTOmart – Salah satu lembaga pemerintahan yang independen yang berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan yang bersumber dari sektor keuangan, baik perbankan maupun lembaga keungan non-bank lainnya, yaiut Otoritas Jasa keuangan (OJK) telah memberlakukan sebuah peraturan mengenai penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, khususnya mengenai Down Payment (DP).

Berdasarkan peraturan bernomor 35/POJK.05/2018 tersebut, maka setiap kendaraan bermotor dapat dibeli tanpa mengeluarkan uang muka sepeser pun alias DP.

Baca Juga: Siapa Sangka Harga Avanza 2019 Terbaru Bikin Kaget

Mengetahui adanya aturan tersebut, para produsen mobil pun menyambut baik. Sebab, menurut mereka, adanya pemberlakukan aturan DP 0 persen tersebut justru dapat meningkatkan penjualan kendaraan mereka. Meski begitu, mereka juga harus mengantisipasi jika suatu saat nanti terjadi kredit macet.

“Untuk harapannya tentu bisa membantu pasar otomotif untuk terus berkembang. Akan tetapi, perlu juga untuk melihatnya dari sisi lembaga keuangan, serta bagaimana cara menyikapi dan melaksanakan program-program ini,” terang Anton Jimmy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, seperti dilansir laman Detik.com, Sabtu (12/1/2019).

Adanya pemberlakuan aturan DP 0 persen ini justru menjadi angin segar bagi pasar otomotif tanah air, mengingat Indonesia kini tengah memasuki tahun politik. Hal ini berdasarkan tren yang menunjukkan jika setiap memasuki tahun politik, tren penjualan kendaraan sangat buruk.

“Di tahun 2019 itu kan semuanya melihat jika posisinya tidak bagus. Selain itu, datanya juga menunjukkan tren yang sama. Karena itu, bagusnya sih 2020 mendatang. Jadi, kalaupun ngeluarin suntikan insentif, maka harapannya bisa sama lah dengan tahun lalu, dimana bisa terjual 1,150 juta unit,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor.

Seperti diketahui, peraturan mengenai DP kendaraan bermotor 0% ini telah ditetapkan di dalam peraturan OJK bernomor 35/POJK.05/2018 mengenai Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, terutama di Pasal 20 yang menjelaskan jika uang muka kendaraan bermotor bisa 0%, namun semuanya tergantung kepada kondisi perusahaan pembiayaan atau leasing.

Baca Juga: Harga Xenia Terbaru Dibanderol Mulai Dari Rp183,35 Juta

Meski begitu, Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) cukup menanggapi santai perihal pemberlakukan aturan DP 0% ini. Menurutnya, jika para pelaku dapat mengaplikasikan aturan ini dengan benar dan bijaksana, maka semua pihak tentu akan semakin diuntungkan.

“Tanggapan kami cukup positif, terutama untuk industri motor. Asalkan, seluruh pihak bisa menjalankannya secara sustainable dan produent (bijaksana),” ucap Sigit lagi.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

9 Mobil SUV Terbaik 2018 di Indonesia Yang Paling Banyak Dicari

OTOmart – Dalam beberapa tahun terakhir, pamor mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) terus...

Nasib Mobil Bekas Avanza Setelah Harga Avanza Terbaru Tidak Naik

OTOmart – Setelah sama-sama meluncurkan produk terbaru mereka pada beberapa waktu lalu, Toyota dan...

Tukar Mobil Lama Anda Untuk Dapat Avanza Facelift 2019 di Auto2000

OTOmart – Demi meningkatkan penjualan Toyota Avanza facelift 2019 yang baru saja diresmikan, Auto2000...

Tilang Elektronik Bakal Diterapkan Di Seluruh Indonesia

OTOmart – Salah satu upaya pemerintah dalam menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas adalah dengan...

Ini Kekurangan Avanza Veloz 2019 Menurut Komunitas Xpander

OTOmart – Meluncurnya Avanza-Xenia terbaru di kelas Low Multi-Purpose Vehicle tentunya menambah sengit tingkat...

Bisakah Beli Mobil Avanza Terbaru Tanpa Menggunakan DP?

OTOmart – Pada awal tahun 2019 kemarin, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah secara resmi...