Nissan Akan Buat Mobil Low MPV Menggunakan Platform Xpander

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

 

platform

OTOmart – Nissan dikabarkan akan meluncurkan Low MPV terbarunya yang merupakan generasi terbaru dari Grand Livina. Generasi terbaru low MPV (Multi Purpose Vehicle) dari Nissan ini direncanakan akan menggunakan platform Xpander. Hal ini pernah diungkapkan oleh bos besar Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Osamu Masuki yang mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan dan tengah melakukan berbagai kajian studi terhadap hal ini.

Seperti yang diketahui, Nissan Motor Company (NMC) merupakan pemilik 34 persen saham Mitsubishi. Jadi wajar jika kedua pabrikan tersebut saling berbagi teknologi untuk kemajuan keduanya. Lalu bagaimana kelanjutan dari kabar yang beredar tersebut?

Head of Marketing and Sales Nissan Motor Asia Pasific, Vincent Wijnen beberapa waktu lalu menjelaskan, meskipun belum menjawab secara pasti, namun dirinya menyatakan bahwa hal tersebut kemungkinan bisa saja terjadi, apalagi saat ini dirinya mengetahui bahwa penjualan Xpander dapat diterima dengan baik oleh para konsumen di Indonesia. Untuk itu, pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan berbagai studi mengenai peluang digunakannya platform Xpander untuk produk Nissan.

Baca Juga: Bersiaplah Sambut LMPV Nissan Berplatform Xpander

“Saya tahu bahwa penjualan Xpander memang terbilang besar sejak diperkenalkan sehingga menjadi mobil yang populer. Akan tetapi untuk menggunakannya pada produk Nissan, hingga saat ini saya masih belum dapat mengatakan seperti apa dan kami masih terus mempelajarinya,” ucap Vincent, seperti dilansir laman oto.com.

Vincent juga menambahkan, meskipun Nissan dan Mitsubishi tergabung dalam satu aliansi. Namun tetap saja Nissan merupakan rival bagi Mitsubishi. Jadi dirinya belum dapat berkomentar apapun mengenai produk serta langkah dan perkembangan apa saja yang telah dilakukan terkait dengan digunakannya platform Xpander ke dalam produk Nissan Grand Livina.

“Kami tetap bersiang dengan Mitsubishi meskipun kami berada dalam satu aliansi. Sama seperti yang terjadi di eropa, dimana Nissan juga bersaing dengan Renault,” tambahnya.

Menggunakan platform yang sama untuk dua pabrikan berbeda sudah biasa dilakukan, apalagi di industri otomotif. Seperti Daihatsu dan Toyota yang menghasilkan produk unggulan keduanya, yaitu Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Terios-Rush dan Sigra-Calya.

Baca Juga: Mitsubishi Tunda Ekspor Mobil Xpander Ke Filipina dan Thailand

Meskipun dalam pemasarannya masing-masing menggunakan brand yang berbeda, akan tetapi produk-produk tersebut amat mirip satu sama lain. Selain itu, fitur serta teknologi yang disematkannya pun hampir sama dengan sedikit perbedaan yang menyertainya, dan hal ini kemungkinan besar juga akan terjadi pada Mitsubishi dan Nissan.

Sebelumnya, telah beredar sebuah gambar yang memperlihatkan desain mobil Nissan yang telah menggunakan platform Xpander. Setelah dipastikan, ternyata gambar yang beredar tersebut hanyalah gambar rendering atau ilustrasi yang bukan dibuat baik oleh pihak Nissan atau pihak Mitsubishi.

Dari gambar yang beredar tersebut nampak perbedaan desain yang mencolok antara mobil low MPV Nissan dengan platform Xpander yang kelak akan diproduksi. Perbedaan tersebut terletak pada bagian depannya terutama di bagian grille serta lampu depan yang menunjukkan ciri khas Nissan. Sedangkan pada bagian wajahnya di desain dengan tampilan Nissan X-Trail.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sejak Diluncurkan, Pesanan All New Honda Brio Membludak

OTOmart – Setelah resmi diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada ajang Gaikindo Indonesia Motor...

Penjualan Mobilio Turun, Honda Bakal Siapkan Mobil Low MPV Terbaru?

OTOmart – Dikenal sebagai salah satu produk unggulan dari Honda untuk segmen mobil low...

Hanya Bulan Ini, Pembelian Mobil di Auto2000 Cuma Rp73 Ribuan

OTOmart – Demi memberikan kemudahan kepada para konsumen setianya untuk dapat mempunyai kendaraan Toyota...

Selama Bulan September, Rush-Terios Kuasai Pasar Mobil Low SUV

OTOmart – Mobil low SUV (Sport Utility Vehicle) dalam beberapa bulan terakhir tengah mencuri...

Gara-Gara Mobil China, Pesona Avanza-Xenia Bekas Mulai Hilang

OTOmart – Sejak diluncurkan dan telah termasuk ke dalam segmen mobil terlaris sepanjang masa...

Penampakan Sedona Versi Terbaru di Vietnam, Ini Perubahannya

OTOmart – Salah satu produsen otomotif asal Korea Selatan, KIA, baru-baru ini telah meluncurkan...