Ini Rahasia All New Suzuki Ertiga Irit Bahan Bakar

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
new suzuki ertiga
Rahasia irit dari All New Suzuki Ertiga akhirnya terungkap (Tenaga Kuda)

OTOmart – Suzuki pada tanggal 28-29 Juni lalu menyelenggarakan Liga Irit All New Suzuki Ertiga yang berlokasi di Bali Selatan. Berdasarkan hasil liga tersebut, didapatkan angka sebesar 23,15 kilometer per liter untuk transmisi otomatis dimana jarak yang ditempuh sejauh 85,7 kilometer.

Sedangkan untuk All New Suzuki Ertiga bertransmisi manual berhasil mencapai angka 20,85 kilometer per liter setelah menempuh jarak sejauh 101,9 kilometer. Liga irit ini sendiri menggunakan metode full to full, dimana tutup tanki bensin disegel. Selain itu, tombol pengatur AC juga disegel. Hal ini bertujuan agar AC tetap menyala selama berkendara.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Upgrade Suzuki Ertiga Lama ke Yang Baru

Suzuki sendiri telah mengklaim jika basis pengetesan yang dilakukan oleh Balai Pusat Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BPT2MP) tersebut adalah sebesar 18,09 kilometer per liter untuk transmisi manual serta 16,73 kilometer per liter untuk transmisi otomatis.

Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT SIS Harold Donnel mengatakan bahwa Suzuki juga telah menerapkan platform terbaru untuk All New Ertiga, yaitu HEARTECT. Dimana platform terbaru ini akan menggunakan bahan high strength steel yang lebih ringan. “Efek menggunakan platform ini adalah bobot All New Suzuki Ertiga akan lebih ringan sebesar 50 kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya,” ucap Harold di Bali, seperti dilansir laman Tempo News.

Dengan bobot yang ringan inilah yang membuat konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga terbaru ini menjadi lebih irit sebesar 3,3 persen jika dibandingkan dengan model terdahulunya.

Selain itu, keuntungan lain dari platform terbaru ini adalah chassis menjadi lebih rigid dan meningkatkan stabilitas mobil ketika berkendara. Selain itu, center of gravitynya juga lebih rendah sehingga membuat handling menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Tidak Membeli Mobil Suzuki Ertiga Terbaru

Seperti yang diketahui bahwa Suzuki meluncurkan Ertiga terbaru ini pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April 2018 kemarin. Model ini tentunya akan bersaing dengan segmen kendaraan 7 penumpang lainnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero dan Honda Mobilio.

Suzuki Ertiga generasi kedua ini telah dibekali dengan mesin berkapasitas 1.5L dengan empat silinder dan 16 katup berkode K15B. Dilengkapi dengan mesin berkubikasi 1.462 cc, membuat kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 77 Kw pada kecepatan 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 138 Nm pada kecepatan 4.400 rpm.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim...

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh

OTOmart – Ketika berkendara, para pengemudi harus terus waspada terutama dengan kondisi disekelilingnya. Bukan...

Ini Hasil Perbandingan Akselerasi Avanza Bekas Manual Vs Matik

OTOmart – Sejak kemunculannya di akhir tahun 2003 lalu, Toyota Avanza sendiri mempunyai dua...

Penjualan Meningkat, Harga Mobil Bekas Surabaya Mulai Rp 105 Jutaan

OTOmart – Selain Jakarta, terdapat salah satu kota besar di Indonesia yang tingkat penjualan...