Libur Natal dan Tahun Baru, Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tol
Sumber: Aktual.com

OTOmart – Tahun 2017 sebentar lagi akan memasuki akhir, hal ini menandakan bahwa sudah dekatnya liburan Natal dan Tahun Baru. Tentunya event tahunan ini akan dimanfaatkan oleh para masyarakat Indonesia untuk berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Nah, ada kabar gembira bagi Anda yang memang mempunyai rencana untuk berlibur di akhir tahun ini, sebab kendaraan berat, seperti truck dan sejenisnya tidak diperbolehkan memasuki jalan tol saat masa liburan nanti.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat RI, Pandu Yunianto yang mengatakan bahwa Kementrian Perhubungan mendukung sepenuhnya pelarangan kendaraan berat untuk memasuki jalan tol saat masa liburan natal dan tahun baru. Pihaknya bertekad untuk memberikan pelayanan serta kinerja yang terbaik terutama dalam hal pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, seperti saat pengamanan saat lebaran lalu.

Baca Juga: Siap-siap, 9 Jalan Tol Ini Akan Mengalami Penyesuaian Tarif

Pandu juga menyampaikan hal ini pada rapat koordinasi antar instansi yang digelar di Kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek yang berlokasi di samping gerbang tol Cikarang Utama. Surat edaran mengenai hal ini telah dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan tentang larangan melintas bagi kendaraan berat. Larangan ini akan dimulai dari tanggal 22 Desember 2017 pukul 00.00 WIB hingga tanggal 27 Desember 2017 pukul 00.00 WIB. Pelarangan ini bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur Natal nanti.

Larangan juga akan diterapkan pada tanggal 29 Desember 2017 pukul 00.00 WIB hingga tanggal 01 Januari 2018 pukul 00.00 WIB. “Kami dari Kemenhub berharap adanya bantuan dari para stakeholder untuk dapat mensosialisasikan imbauan tersebut,” ujar Pandu, seperti dilansir laman OTO.co.id

Selain itu, Pandu juga mengharapkan agar pihak tol Jakarta-Cikampek dapat berkoordinasi dengan pihak tol Merak-Jakarta untuk dapat mengetahui jumlah volume kendaraan yang akan masuk ke Jakarta. Hal ini dilakukan agar dapat memprediksi jumlah volume kendaraan yang akan masuk ke tol Jakarta-Cikampek sehingga dapat diantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Inilah Daftar Jalan Tol Non-Tunai Milik Jasa Marga

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin yang ikut hadir dalam rapat koordinasi dengan Kemenhub juga mengimbau agar instansi terkait dapat meminimalisir terjadinya kepadatan serta gangguan yang mungkin akan terjadi. Benyamin menambahkan bahwa saat ini koordinasi yang telah terjalin saat pengamanan lebaran lalu telah sangat baik meskipun titik-titik kemacetan masih saja terjadi di beberapa rest area.

“Karena itu, mari kita bersama-sama meningkatkan perbaikan layanan serta pengamanan demi misi kemanusiaan,” ujarnya. Benyamin juga mengingatkan kepada jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya agar tetap fokus dalam mengamankan ibu kota terutama saat libur Natal. Sebab akibat dari padatnya lalu lintas yang menuju ke luar kota melalui CIkarang Utama diprediksi akan berbuntut panjang hingga ke dalam kota bahkan ke jalur arteri.

“Jangan lupa tetap sosialisasikan imbauan kepada para pengendara agar mempersiapkan kendaraan serta mengisi bahan bakar full sebelum melakukan perjalanan,” ucap Benyamin, seperti dilansir laman oto.co.id

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...