3 Poin Penting Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil pribadi
Mudik menggunakan mobil pribadi (buka lapak)

OTOmart – Mudik sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Indonesia untuk kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Lebaran. Selain menggunakan berbagai alat transportasi masal saat mudik, ada juga beberapa masyarakat yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasinya.

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi mobil pribadi yang akan Anda gunakan dalam kondisi prima.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Anak

Berikut ini adalah tiga hal yang harus diperhatikan oleh para pemudik yang menggunakan mobil pribadi sebagai kendaraan mudiknya, seperti dilansir laman Auto2000.

Sebelum Perjalanan

Untuk menempuh jarak yang cukup jauh ketika melakukan mudik Lebaran, maka servis mobil merupakan salah satu syarat utama dalam kelancaran perjalanan Anda. Karena itu pastikan bahwa Anda telah melakukan servis mobil untuk sekedar memastikan bahwa mesin mobil yang akan Anda gunakan betul-betul dalam kondisi yang prima.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa cairan pendukung kinerja mobil Anda, seperti oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, minyak rem, washer kaca depan dan minyak power steering.

Bagi pengguna mobil matik, maka sebaiknya tidak mengabaikan perawatan untuk mobil bertransmisi matik, baik yang telah menggunakan transmisi konvensional maupun CVT.

Namun jangan lupakan juga untuk memeriksa kondisi ban, termasuk dengan ban cadangan. Kemudian selalu pastikan bahwa seluruh perangkat darurat lain, seperti dongkrak dan lain-lain dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Saat Perjalanan

Prinsip safety driving merupakan suatu keharusan yang perlu dimiliki oleh para pengemudi saat mudik saat menggunakan mobil pribadi. Jangan berperilaku agresif sebab hal tersebut justru akan meningkatkan resiko kecelakaan. Apalagi saat ini telah banyak dibuka jalan tol baru dan jalan arteri baru yang telah diaktifkan fungsinya. Hal ini tentu membuat Anda mempunyai banyak opsi rute perjalanan yang mendukung Anda untuk sampai ke tujuan.

peta navigasi
Menggunakan peta navigasi untuk mencari rute perjalanan (dunia jaap)

Untuk mencari rute perjalanan yang paling pas agar sampai di tempat tujuan, Anda dapat menggunakan aplikasi peta navigasi. Bahkan, aplikasi ini juga dapat digunakan ketika Anda terjebak kemacetan yang parah dan ingin mencari rute alternatif.

Jangan lupa untuk selalu membawa kartu e-toll dengan saldo yang cukup memadai. Disarankan untuk membawa dua kartu e-toll sebagai antisipasi jika salah satu kartu mengalami masalah atau saldonya habis.

Baca Juga: Sewa 3 Jenis Mobil Ini agar Mudik Anda Aman dan Nyaman

Namun yang paling penting adalah selalu pastikan tangki bahan bakar selalu penuh, apalagi kalau Anda memilih rute tol yang sangat panjang. Jangan pernah lupa untuk menyiapkan berbagai aplikasi hiburan sebagai teman perjalanan Anda.

Setelah Perjalanan

Setelah melakukan perjalanan mudik, bukan berarti Anda dapat meninggalkan mobil pribadi Anda di garasi begitu saja. Sebab, kotoran merupakan musuh utama yang perlu dibersihkan setelah Anda pulang dari mudik.

Untuk menghilangkan kotoran setelah melakukan mudik Lebaran, mulailah membersihkan mobil Anda dari bagian luar di seluruh area mobil tanpa terkecuali, termasuk juga bagian kolong mobil yang seringkali dilupakan. Periksalah perangkat teknis mobil, seperti kaki-kaki, roda, lampu serta area ruang mesin. Selain itu, cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok dan segera perbaiki jika memang terdapat masalah pada mobil Anda.

Setelah membersihkan bagian luar mobil, lanjutlah ke bagian dalam mobil Anda. Bersihkan seluruh area kabin secara mendetail. Apalagi jika Anda mudik bersama dengan anak kecil yang sering makan di dalam mobil. Sisa remahan makanan yang tersisa dapat mengundang berbagai serangga, seperti semut dan tikus. Belum lagi hal itu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin mobil.

Tahap terakhir adalah mengintip odometer mobil Anda, sebab perjalanan yang panjang dapat membuat mobil Anda memasuki masa penggantian oli mesin atau transmisi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...