MPV Ertiga Versi Proton diluncurkan Oktober 2016

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Kuala Lumpur – Kerja sama antara Proton Malaysia juga PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) pada akhirnya membuahkan hasil. Diperkirakan bulan Oktober 2016, produk Suzuki-Proton akan meluncur di Malaysia.

Tak hanya kabar burung semata, namun diperkuat dengan pernyataan dari CEO Proton Ahmad Fuaad Kenali. Beliau mengungkapkan jika model pertama hasil kolaborasi Suzuki dan Proton akan meluncur bulan Oktober 2016.

Dikutip dari paultan.org, “Ahmad Fuaad Kenali telah mengesahkan model pertama hasil kerjasama dengan Suzuki, yang mana akan diperkenalkan pada Oktober tahun ini. Beliau berkata pada pihak media dalam press conference selepas peluncuran Proton Perdana 2016 di Putrajaya (14/06/2016).

Walaupun begitu, nampaknya pihak SIS maupun pihak Proton masih merahasiakan model apa yang akan diluncurkan. Namun besar kemungkinan model terbaru adalah mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang (MPV). Salah satunya adalah model Suzuki Ertiga. Model yang akan diluncurkan pun beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji di jalanan Malaysia.

mpv-ertiga-versi-proton-diluncurkan-oktober-2016
paultan.org

Nampak jelas bodi Suzuki-Proton berupa MPV dengan menggunakan desain Ertiga. Walaupun diselimuti stiker kamuflase, namun dari bagian depan, samping, roda, terlihat dengan jelas model yang akan diluncurkan nantinya.

Sebelumnya, pihak SIS telah memungumumkan terkait kerja sama ini. Pihak SIS akan melakukan ekspor besar-besaran ke Malaysia sebanyak 1.500 unit per bulan, sehingga dalam satu tahun total ekspor SIS mencapai 18.000 unit. Jika dirupiahkan, total ekspor SIS mencapai 2 triliun.

Pihak SIS juga telah memulai ekspor pertamanya pada bulan Mei lalu. Ekspor yang dilakukan pihak Suzuki dalam bentuk komponen terurai CKD (Completely Knocked Down), dan dirakit di pabrik Proton Shah Alam, Selangor, Malaysia serta akan dilakukan rebadge dengan nama juga logo Proton. Komponen-komponen Suzuki yang diekspor akan dibuat langsung di pabrik Suzuki di Bekasi.

Rencananya, sebelum tahun 2016 berakhir, mobil Suzuki-Proton akan memasuki proses produksi. Dan akan diperjualbelikan tak hanya di Malaysia, melainkan di Indonesia juga Thailand. Menurut berbagai kabar, jika hasil kerja sama ini mengakibatkan Suzuki Malaysia ditutup dan seluruh pabrik juga bengkel milik Suzuki akan menjadi milik Proton.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...

Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

OTOmart – Sebuah kendaraan bermotor dapat dipastikan tidak akan berjalan tanpa adanya girboks atau...