Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
model mobil
Mobil Bekas (Automotive News)

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek kerap kali menjadi pilihan para konsumen di pasar mobil bekas. Meski begitu, tidak semua merek mobil dipilih oleh para konsumen karena berbagai faktor.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengatakan bahwa sejumlah merek mobil bekas di awal tahun 2020, terindikasi mengalami penurunan harga. Kebanyakan merek-merek tersebut adalah sejumlah merek yang tidak banyak dicari meskipun menawarkan kelengkapan fitur yang berlimpah.

Baca Juga: 2020, Tren Mobil Bekas Disinyalir Bertumbuh 1 Hingga 2 Persen

Menurut Herjanto, kebanyakan mobil bekas yang harganya turun di pasaran didominasi oleh merek yang berasal dari luar Jepang.

“Kebanyakan mereknya sih berasal dari Amerika atau Eropa, seperti mobil bermerek Ford atau Chevrolet di mana harga pasarannya memang jatuh. Di Jepang juga ada sih, seperti Mazda. Kalau dari merek lainnya itu seperti Proton,” ucap Herjanto, seperti dilansir laman Kompas.com.

Alasan mengapa mobil-mobil tersebut kurang diminati adalah karena kekhawatiran konsumen mengenai daya dukung aftersales pabrikannya yang sudah tidak tersedia lagi.

Seperti Chevrolet dan Datsun yang secara resmi telah mengumumkan pengunduran diri mereka dari pasar otomotif Indonesia. Sedangkan untuk Ford atau Proton, sudah sejak beberapa tahun lalu hengkang.

Sedangkan untuk Mazda, memang sempat ditinggal APM-nya, meski kini telah diambil alih oleh PT Eurokars Motor Indonesia sebagai distributor resminya.

Ford dan Chevrolet Seken Masih Banyak Peminatnya

Ford dan Chevrolet memang telah memutuskan hengkang dari pasar otomotif Indonesia, namun ternyata hal tersebut tidaklah menghilangkan minat para konsumennya untuk membeli mobil dari kedua APM tersebut.

Baca Juga: Toyota Avanza Bekas Rajai Pasar Mobil Bekas di Indonesia

Herjanto pun mengungkapkan jika mundurkan Ford dan Chevrolet dari pasar otomotif Indonesia membuat harga mobil bekas dari kedua APM tersebut anjlok di pasar mobil bekas.

Jika model mobil bekas asal Jepang mengalami depresiasi harga 15 hingga 25 persen, namun untuk model mobil bekas asal Amerika nilai depresiasinya lebih banyak lagi apalagi setelah APM-nya mundur.

“Untuk Ford atau Chevrolet depresiasinya bisa turun 20 hingga 30 persen. Jadi kalau harga bekasnya Rp 100 juta. Namun karena satu dan lain hal, harganya bisa mencapai Rp 75 juta hingga Rp 80 jutaan,” terang Herjanto.

Meski begitu, kedua model mobil tersebut tidak kehilangan peminat, walaupun tidak sebanyak mobil-mobil Jepang.

“Kalau peminat Ford dan Chevrolet itu masih ada. Nah, biasanya konsumen mencari mobil yang fiturnya sudah lengkap, mengerti mobil atau car enthusiast sehingga sudah punya bayangan akan mau servis dan cari spare partnya di mana,” terangnya lagi.

“Tapi memang sih agak jarang, jadi belum tentu sebulan sekali tersedia. Untuk mobil Jepang, sebulan di showroom saja sudah laku, sedangkan untuk mobil Amerika itu bisa sampai tiga bulan di showroom belum tentu laku. Karena itu kami harus memasang harga yang menarik,” pungkas Herjanto.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Honda Tidak Akan Datangkan Jazz Terbaru 2020 Ke Indonesia

OTOmart – Honda Jazz terbaru 2020 yang telah diluncurkan pada awal bulan Februari lalu...

Mobil Kebanjiran, Lakukan Hal Ini Agar Kerusakan Tidak Menjalar

OTOmart – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang...

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...