Alasan Penjualan Mobil Xenia Bekas Masih Kalah Dibanding Avanza

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil xenia bekas
Ilustrasi

OTOmart – Salah satu mobil sejuta umat, yaitu Daihatsu Xenia dikenal sebagai kembaran Toyota Avanza karena mempunyai fitur dan spesifikasi yang hampir sama. Meski begitu, di pasar mobil bekas, penjualan mobil Xenia bekas ternyata masih kalah dibandingkan dengan Toyota Avanza.

Berdasarkan data Gaikindo untuk penjualan mobil baru, Toyota Avanza jauh lebih mendominasi dibandingkan penjualan Daihatsu Xenia baru. Bahkan tahun ini saja, penjualan Toyota Avanza periode Januari hingga September memperoleh angka sebanyak 60.684 unit. Sedangkan kembarannya, Daihatsu Xenia hanya mendapatkan angka penjualan sebanyak 14.715 unit.

Baca Juga: Budget Rp 150 Juta Pilih Sigra Terbaru Atau Mobil Xenia 2018?

Dominannya penjualan Toyota Avanza juga berlanjut di pasar mobil bekas, dimana mereka lebih banyak dicari oleh para pemburu mobil bekas dibandingkan Daihatsu Xenia. Fakta ini terungkap setelah beberapa showroom mobil bekas yang berada di wilayah Jabodetabek mengungkapkan bahwa para pemburu mobil bekas lebih memilih Toyota Avanza dibandingkan Daihatsu Xenia saat ditanya mengenai pilihan antara mobil Xenia bekas dengan mobil Avanza bekas.

“Kalau ditanya yang lebih laku tentunya Toyota, mungkin karena brand imagenya kali ya,” ucap Senior Manager Bursa Mobil WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, seperti dilansir laman GridOto.com.

“Selain itu, karena memang stock Toyota Avanza juga lebih banyak dibandingkan Xenia, sehingga membuat mobil ini banyak dijual di showroom mobil bekas,” sambung Herjanto.

Herjanto pun menuturkan jika dihitung secara persentase, maka angkanya bisa mencapai 80 persen untuk penjualan Toyota Avanza, dan 20 persen untuk penjualan Daihatsu Xenia.

“Biasanya orang banyak cari Avanza itu karena banyak fitur dan awet,” terangnya lagi.

Hal senada juga dikatakan juga oleh salah satu pemilik dealer mobil bekas di wilayah Tangerang, Achmad Ludhfi Pratama yang mengatakan bahwa di tempatnya, penjualan Avanza jauh lebih banyak dari pada Daihatsu Xenia.

“Kalau lebih banyak, tentunya Avanza, perbandingannya 60:40 lah,” terang Ludhfi.

Baca Juga: Mau Beli Daihatsu Great Xenia Bekas? Pahami Dulu Plus Minusnya!

Namun pernyataan yang berbeda dikatakan oleh pemilik showroom mobkas lainnya di wilayah Tangerang, Yudi yang mengatakan bahwa di dealernya penjualan antara Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia tidak jauh berbeda.

Meski begitu, dirinya mengakui bahwa seluruh keputusan mutlak merupakan pilihan dari konsumen masing-masing.

“Kalau di sini, sama saja ya, sebab mereka kan sudah ada segmennya masing-masing. Toyota Avanza banyak dipilih karena mempunyai harga jual lebih tinggi dibandingkan yang lain,” terangnya.

Menurut Ludhfi, saat membeli mobil bekas, kebanyakan konsumen cenderung lebih mementingkan kondisi kendaraannya dibandingkan brand-nya.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, terutama mencari Avanza dan Xenia bekas, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...