Mobil Tersukses Selama 45 Tahun, Toyota Kijang !

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Selama 45 tahun, kehadiran Toyota Kijang diakui sebagai otomotif tersukses Toyota di Indonesia. Kata Kijang merupakan singkatan dari ‘Kerjasama Indonesia dan Jepang’. Mobil kelas Mini Bus ini pertama kali dibuat pada tahun 1977, sebagian orang menyebutnya dengan Kijang Buaya.

Mobil Tersukses Selama 45 Tahun, Toyota Kijang !

Generasi pertama Kijang ini menggendong mesin tipe 3K berkuatan 1.200 Liter (1.166 cc) dengan empat transmisi. Penjualan generasi pertamanya tercatat sebanyak 26.806 unit di seluruh Indonesia.

Sedangan untuk Kijang generasi kedua hadir pada tahun 1981 dengan sebutan Kijang Doyok. Generasi kedua Kijang ini adalah hasil penyempurnaan dari generasi pertama dengan desain yang sama degan generasi pertama dengan mengubah pada bagian grill depan dan permukaan pintu yang serupa dengan body mobil.

Pada generasi kedua, perubahan dapat dirasakan dari sisi mesin yang menggunakan kapasitas 1.3 L (1.290 cc) I4 4K bensin dan 1.5 L (1.486 cc) I4 5K bensin. Untuk penjualannya tercatat lebih dari 100.000 unit selama jangka waktu lima tahun.

Generasi ketiga Toyota Kijang adalah penyempurnaan dari Kijang generasi kedua untuk model MPV maupun pick up. Pada generasi ketiga, Toyota menggunakan teknologi Pressed Body sehingga dapat mengurangi bobot kendaraan hingga 5 kg.

Pada generasi ini, Toyota mulai menggeser dari model kendaraan niaga ke kendaraan penumpang. Selain itu, Toyota juga melakukan perubahan logo yang telah digunakan sampai hari ini.

Perubahan besar besaran terjadi pada sisi interior, eksterior dan juga mesin. Dari sisi interior dasboard mengalami perubahan dan juga mendapat tabahan tachometer, penambahan fender, Power Window, Alloy Wheel bermerek Enkei, dan AC double blower.

Untuk mesin, Toyota Kijang memperkenalkan mesin baru yaitu 5 kecepatan. Sehingga Kijang hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 4 kecepatan dan 5 kecepatan. Kijang generasi ketiga ini berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 492.123 unit.

Kijang generasi keempat mulai diekspor ke berbagai negara dengan berbagai nama, kecuali Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang. Sedangkan untuk Malaysia dan Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace surf),Vietnam (Toyota Zace) dan Afrika Selatan (Toyota Condor 4×4).

Generasi kelima Toyota mulai memperkenalkan Innova dimana mobil ini masih menggunakan DNA Kijang. Generasi kelima membuat Kijang semakin mengukuhkan sebagai kendaraan keluarga dengan fitur kemewahan dalam Kijang Innova.

Pada tahun 2015, Kijang meluncurkan generasi keenam dengan nama Kijang Innova. Kijang Innova mengusung nama Kijang All New Innova dengan slogan “The Legend Reborn”. Kijang Innova bertransormasi menjadi kendaraan MPV dengan memanjakan keluarga Indonesia dengan fitur kemewahan.

Kurang dari satu minggu diluncurkan All New Kijang Innova elah berhasil terjual sebanyak 5.000 unit di seluruh Indonesia. Kijang Innova generasi kedua dari Innova atau generasi keenam dari Kijang ini kabarnya juga akan di ekspor ke Australia.

 

 

 

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...