Mobil Sigra dan Honda Brio Bagus Mana? Ini Perbandingannya

posted in: Artikel Mobil | 5 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

OTOmart – Saat ini mobil LCGC (Low Cost Green Car) semakin banyak dicari, apalagi setelah kemunculan duet maut mobil Sigra-Calya. Sebagai mobil MPV berkapasitas 7 penumpang, mobil ini sangat sesuai untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

mobil sigra
Sumber: Daihatsu

Lalu bagaimana perbandingan antara Sigra-Calya dengan salah satu mobil LCGC yang lebih kecil seperti Honda Brio Satya? Selain karena harga keduanya yang beda tipis namun juga terdapat beberapa fitur yang memang dimiliki dan tidak dimiliki oleh masing-masing pesaing. Apa saja itu?

Performa Mobil Sigra dengan Honda Brio

Mobil Sigra dan Brio mempunyai tipikal mesin yang sama, yaitu 4 silinder 1,2 liter dengan teknologi katup varibel. Daihatsu Sigra mengandalkan mesin terbaru dengan 3NR-VE dual VVT-i, sedangkan Brio tetap setia dengan mesin L Series L12 dengan teknologi i-VTEC. Dengan melihat kedua mesin mobil tersebut, maka  tenaga serta torsi Brio Satya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Sigra, yaitu 90 PS/110 Nm untuk Brio Satya dan 88 PS/108 NM untuk Daihatsu Sigra.

Untuk pilihan transmisi yang ditawarkan oleh Sigra dan Brio, masing-masing mempunyai pilihan transmisi manual yang sama, yaitu 5 percepatan. Sedangkan untuk transmisi otomatis, Sigra mempunyai transmisi otomatis konvensional dengan 4 percepatan, sedangkan Brio telah beralih ke sistem transmisi CVT sehingga memberikan kehalusan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil matik biasanya.

Baca Juga: Sienta, Sigra, Calya Lolos Tes Uji Tabrak

Karakter mesin Honda yang agresif tetap terasa di Honda Brio. Selain itu, transmisi CVT mobil Brio pun telah cukup pintar serta tidak lamban seperti kebanyakan teknologi CVT lainnya. Hal berbeda terdapat di Sigra dimana transmisinya cenderung lemah dalam mengejar keiritan BBM agar lebih baik. Dari segi performa mesin, Brio tentu lebih baik jika dibandingkan dengan Sigra, begitu pula dengan impresi ketika berkendara serta dalam pengendaliannya.

Mengendarai Daihatsu Sigra akan terasa monoton serta membosankan, hal ini dikarenakan suspensinya yang lebih lembut dari Brio namun berimbas pada body roll ketika menikung dan berada di kecepatan tinggi. Jika dibandingkan dengan Brio Satya, suspensinya lebih keras, kaku serta tidak nyaman. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan rasa berkendara yang sporty, menyenangkan dan mengasyikkan.

Perbandingan Fitur

mobil sigra
Sumber: Viva.co.id

Sigra dan Brio mempunyai varian mobil yang terlengkap, yaitu Sigra R Deluxe dan Brio Satya E. Keduanya mempunyai kesamaa di varian transmisi manual dimana masing-masing varian tidak mempunyai fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS). Sistem ini hanya bisa Anda dapatkan pada varian transmisi otomatis saja.

Di varian tertinggi bertipe otomatis, kedua mobil ini mempunyai beberapa keunggulan serta kekurangan. Brio Sata mempunyai steering switch control yang berfungsi untuk mengatur audio 2DIN, namun sayangnya sistem audio ini tidak mempunyia koneksi untuk Bluetooth sama seperti headunit milik Sigra. Namun, untuk Sigra mempunyai lebih banyak sensor parkir dibandingkan dengan Brio. Apalagi Sigra R Deluxe mempunyai tambahan sensor parkir di bagian bemper depan sehingga semakin memudahkan pengemudi dalam memarkir mobil ini.

Baca Juga: Daihatsu Sigra Laris Manis di Jawa Timur

Kedua mobil ini mempunyai berbagai fitur keselamatan yang tergolong lengkap, namun untuk Brio lebih unggul sebab telah disematkannya Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Sigra dan Brio memanglah mobil LCGC namun tidak berada di segmen yang sama sehingga menjadi hal yang sulit untuk dibandingkan. Namun harga yang sama dari kedua mobil ini mampu memberikan pilihan bagi konsumen. Jika Anda membutuhkan mobil dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, maka Sigra merupakan pilihan terbaik. Sebaliknya jika Anda hanya ingin mobil yang fun to drive, maka Honda Brio adalah pilihan yang bisa Anda pilih.

Jika ternyata harga mobil Brio dan Sigra ini masih mencekik kantong Anda, maka mobil bekas Sigra juga dapat menjadi pilihan Anda. Untuk mendapatkan mobil Sigra bekas, Anda dapat mengunjungi laman OTOmart.id sebagai bursa mobil bekas online yang menyediakan berbagai macam informasi harga dari berbagai showroom mobil bekas yang berada di Indonesia. Untuk mengetahui harga mobil Sigra bekas dari berbagai showroom di Indonesia, silahkan klik di sini.

Sumber: OTO.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...