Pengguna Mobil Pribadi Meningkat, Menhub Imbau Mudik H-4

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil pribadi
Mudik menggunakan mobil pribadi jelang Lebaran alami peningkatan (otomotif zone)

OTOmart – Mudik merupakan sebuah tradisi wajib yang setiap tahun dilakukan oleh umat muslim di Indonesia. Pada beberapa tahun terakhir, transportasi darat masih sangat diminati oleh para pemudik. Karena itu, tidak heran jika macet merupakan salah satu masalah yang harus dialami oleh para pemudik, apalagi para pemudik yang menggunakan mobil pribadi sebagai kendaraan mudiknya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Tips Hilangkan Rasa Jenuh Saat Melakukan Perjalanan Mudik

“Dalam tiga hari musim mudik Lebaran (8-10 Juni), kenaikan angka kendaraan roda empat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, kurang lebih hampir 40 persen lah. Untuk pemudik yang menggunakan motor tahun ini turun sebanyak kurang lebih 12 persen. Selain itu, kecelakaan dalam tiga hari terakhir juga relative turun, kurang lebih sebesar 30-40 persen,” terang Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, seperti dilansir laman Viva News, Minggu (10/6) kemarin di Jakarta.

Peningkatan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat juga sudah mulai terasa pada Sabtu (9/6) atau H-7. Dimana menurut data Jasa Marga, peningkatan yang terjadi sebesar 18 persen dibandingkan hari normal atau sekitar 89.363 unit kendaraan roda empat yang telah mengakses Gerbang Tol Cikarang Utama menuju ke Cikampek.

“Kami merekomendasikan agar para pemudik melakukan mudiknya pada besok atau lusa saja, sebab pada hari itu kemungkinan lalu lintas akan sepi. Namun, berdasarkan hasil riset kami kemarin dan hari ini merupakan puncaknya. Jadi kami sangat merekomendasikan H-5 saja. Untuk saat ini memang puncak kepadatan belum terjadi, tapi sudah terjadi kenaikan dari tahun lalu, yaitu sekitar 48 persen. Kenaikan ini akan rata mulai dari H-6 sampai H-1,” terangnya lagi.

Baca Juga: Menentukan Oli Mobil Yang Bagus Untuk Kendaraan Mudik Anda

Akibat banyaknya pengguna mobil pribadi yang menjadi kendaraan mudik, maka sudah sangat wajar jika jalur darat menjadi macet. “Untuk saat ini masih darat, kedua udara dan ketiganya laut. Untuk udara juga sudah sangat bagus, dimana terjadi peningkatan sebanyak 9 persen, laut yang sebelumnya kurang favorit, namun mudik tahun ini kami mengadakan program mudik gratis dari Jakarta-Semarang lewat laut dengan jumlah pemudik diperkirakan sebanyak 30 ribu orang dan 15 ribu motor,” terang Budi lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Premium Garansi Indonesia Siap Lindungi Mobil Bekas Anda

OTOmart – Sebagaimana mobil bekas, tentunya mempunyai masalah yang cukup beragam antara satu merek...

Tips Tepat Membersihkan Door Trim Berbahan Kulit Hingga Kain

OTOmart – Salah satu bagian dalam mobil yang seringkali terabaikan kebersihannya adalah door trim....

Muncul Di GIIAS 2019, Harga Suzuki Jimny Terbaru Rp 300 Juta

OTOmart – Setelah kemunculannya satu tahun yang lalu pada gelaran yang sama, Suzuki Jimny...

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...