Mobil Matik Lebih Boros Dari Mobil Manual? Benarkah Demikian?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
matik
Mobil matik vs mobil manual, siapakah yang lebih hemat BBM?

OTOmart – Anda mempunyai mobil matik? Pernahkah Anda mendengar kabar mengenai konsumsi mobil matik yang lebih boros daripada konsumsi mobil manual? Jika pernah, mungkin anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, baik mobil matik atau manual tidak mempunyai perbedaan yang cukup signifikan mengenai konsumsi BBM.

Baca Juga: 6 Kesalahan Yang Sering Pengemudi Mobil Matik Lakukan

Mengapa hal itu bisa terjadi? Daya konsumsi BBM irit atau tidak sebenarnya tergantung dari cara seseorang dalam mengemudikan mobilnya, dimana di tengah naiknya harga BBM non subsidi ini, konsumsi bahan bakar tentu menjadi salah satu faktor yang wajib diperhatikan oleh para pemilik kendaraan.

Untuk mengetahui irit atau tidaknya konsumsi BBM dari suatu mobil, bukan hanya berdasarkan teknologi mobil yang digunakan, melainkan juga dari faktor pengendara dari cara mengemudikan mobilnya.

Dilansir dari laman Detik.com, Kamis (11/10/2018), terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar konsumsi BBM menjadi lebih irit. Seperti diketahui, mobil matik tidak mempunyai banyak kontrol seperti layaknya mobil manual. Hanya saja pedal gas dan rem tetap harus dikontrol oleh kaki Anda. Selain itu, sistem transmisi yang dipindahkan sekali saja, mobil sudah dapat berjalan dan digunakan. Akan tetapi, terdapat beberapa teknik berkendara yang setidaknya mampu membuat BBM menjadi lebih awet saat menggunakan mobil matik.

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah jangan terlalu sering mengeram. Selain itu, berkendara pun tidak perlu kebut-kebutan. Karena itu, mengeremlah sesuai dengan porsinya dan usahakan ketika menyetir kecepatan mobil konsisten.

Langkah kedua adalah jangan terlalu sering untuk memposisikan kaki Anda di atas pedal rem. Cara tersebut disinyalir mampu membantu untuk mengurangi konsumsi BBM. Dengan menaruh kaki di atas pedal rem justru dapat memberikan beban kepada mesin dan sistem transmisi.

Baca Juga: Pilih Mobil Matic atau Mobil Manual? Baca ini dulu!

Langkah ketiga adalah jangan pernah lupa untuk mengecek tekanan ban secara rutin dan teratur. Ban harus dapat diisi sesuai dengan tekanan yang telah dianjurkan di dalam buku manual. Jika ban kekurangan angin lalu terus digunakan berjalan, tentu akan menjadi beban yang cukup berat bagi mesin untuk dapat bekerja lebih keras lagi sehingga membuat konsumsi BBM menjadi lebih banyak lagi.

Karena itu, jangan bernafsu saat berkendara. Sebab, menyetir secara agresif mampu membuat konsumsi BBM lebih banyak tersedot oleh mesin mobil. Karena itu, berkendaralah dengan santai dan tidak perlu menggeber kendaraan Anda agar lebih hemat BBM.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Wuling Resmi Rilis SUV Almaz, Ini Fitur-Fitur Unggulannya

OTOmart – Salah satu produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors akhirnya resmi merilis produk...

Kerap Dijadikan Taksi Online, Ini Harga Xenia Bekas di Surabaya

OTOmart – Selain dikenal sebagai mobil keluarga karena mempunyai luas bagasi yang cukup luas...

Penjualan Suzuki Ertiga 2018 Terbaru Kalahkan Xenia dan Mobilio

OTOmart – Segmen mobil keluarga berkapasitas angkut tujuh penumpang hingga kini masih menjadi salah...

9 Mobil SUV Terbaik 2018 di Indonesia Yang Paling Banyak Dicari

OTOmart – Dalam beberapa tahun terakhir, pamor mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) terus...

Nasib Mobil Bekas Avanza Setelah Harga Avanza Terbaru Tidak Naik

OTOmart – Setelah sama-sama meluncurkan produk terbaru mereka pada beberapa waktu lalu, Toyota dan...

Tukar Mobil Lama Anda Untuk Dapat Avanza Facelift 2019 di Auto2000

OTOmart – Demi meningkatkan penjualan Toyota Avanza facelift 2019 yang baru saja diresmikan, Auto2000...