Ini Mobil LCGC Terlaris di Indonesia Sepanjang Tahun 2017

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

terlaris

OTOmart – Berdasarkan data statistik tahun lalu, penjualan mobil telah mencapai angka lebih dari satu juta unit, tepatnya sebanyak 1.079.308 unit. Namun, angka ini bukanlah angka aktual mengingat salah satu brand, Mercedes-Benz berhenti menyetor data penjualan produknya ke Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sejak bulan Mei 2017 lalu. Meski begitu, para pengamat memprediksi data penjualan tersebut tidak akan berubah signifikan seandainya disetorkan. Sebab pada tahun 2016 saja, produk Mercedes-Benz hanya terjual sebanyak 2.263 unit. Lalu mobil apa saja yang menjadi mobil terlaris sepanjang tahun 2017 kemarin?

Saat ini segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi primadona di pasar otomotif. Tahun lalu saja, kategori ini berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 253.808 unit atau sebesar 23,5% dari seluruh total penjualan mobil pada tahun 2016.

Meskipun begitu, segmen lainnya juga jangan dilupakan terutama di segmen LCGC (Low Cost Green Car). Meskipun mobil yang berada di segmen ini seringkali dipandang sebelah mata karena harga murah dan minim fitur keselamatan serta fitur bantuan ketika sedang berkendara. Namun, mobil di segmen ini nyatanya berhasil ludes terjual sebanyak 234.554 unit sepanjang tahun 2017 kemarin.

Baca Juga: Deretan Mobil Yang Diprediksi Bakal Laris Tahun 2018

Angka ini bahkan hampir menyamai dari penjualan mobil yang berada di segmen low MPV. Tahun lalu, market share LCGC sebesar 21,7%, padahal angka ini lebih sedikit dari pada penjualan tahun 2016 sebanyak 235.171 unit.

Berikut ini adalah urutan peringkat mobil LCGC terlaris sepanjang tahun 2017, seperti dilansir laman Oto.com,

1. Toyota Calya (73.236 Unit)

terlaris

Toyota sangat jeli dalam melihat peluang dengan memahami bahwa para konsumen di Indonesia sangat menyukai kendaraan dengan kapasitas 7 penumpang, sehingga Toyota akhirnya mengimplementasikannya dengan membuat Calya. Jika melihat dari sejarahnya, mobil ini bukanlah LCGC dengan 3-baris kursi yang pertama di Indonesia, akan tetapi Calya menawarkan dimensi serta ruang kabin yang lebih besar dengan tambahan kualitas serta fitur yang lebih baik.

Toyota Calya dibanderol mulai dari harga Rp 135,1 juta hingga Rp 152,65 juta. Harga yang dibanderol memang bukan harga yang murah untuk ukuran LCGC. Selain itu, tidak sedikit konsumen yang mengeluhkan permasalahan yang terjadi pada suspensi belakangnya ketika diisi penuh 7 penumpang. Namun citranya sebagai MPV berkapasitas 7 penumpang dan termurah di Indonesia cukup diakui sangat nyaman sehingga menjadikannya mobil LCGC terlaris di Indonesia. Saking larisnya, penjualan Calya mampu mengungguli penjualan MPV Toyota lainnya.

2. Daihatsu Sigra (44.993 unit)

terlaris

Sigra merupakan saudara kembar dari produk terlaris Toyota Calya dan sama-sama diproduksi dari tempat yang sama. Mobil ini dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu 1,0 liter dan 1,2 liter yang dilengkapi juga dengan pilihan transmisi manual dengan 5 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan. Untuk harga, Sigra dijual sedikit lebih murah ketimbang Calya dengan rentang harga mulai dari Rp 108,9 juta hingga Rp 145,85 juta.

Sejak dirilis pada Juli 2016 lalu, LCGC berkapasitas 7 penumpang ini langsung menjadi primadona baru dari Daihatsu, bahkan Sigra berhasil mengambil alih tahta Xenia yang selama ini selalu menjadi mobil terlaris dari produk Daihatsu yang ada di Indonesia. Sepanjang tahun 2017 kemarin, Sigra berhasil membukukan angka sebanyak 44.993 unit dengan pangsa pasar sebesar 19% dari total penjualannya.

3. Honda Brio Satya (43.378 unit)

terlaris

City Car mungil ini hanya mempunyai kapasitas 5 penumpang saja. Pada awalnya, mobi Brio bukanlah mobil bersegmen LCGC. Namun, setelah program LCGC digulirkan, Honda Brio berhasil memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebagai mobil LCGC sehingga mendapatkan titel ‘Satya’.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2017 Honda Kuasai Semua Segmen Pasar Otomotif

Tahun ini, Brio Satya berhasil terjual sebanyak 43.378 unit dan berhasil mengalahkan pionir LCGC, yaitu Agya-Ayla. Penjualan Brio pada tahun 2017 meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berhasil terjual sebanyak 36.470 unit. Saat ini, Brio menduduki peringkat ketiga LCGC terlaris di Indonesia dengan market share sebesar 18%.

Keunggulan yang dimiliki oleh Brio Satya, salah satunya adalah karena disematkannya berbagai fitur modern, seperti fitur pengaturan AC yang telah menggunakan layar digital. Selain itu, pada tipe tertingginya telah dibekali dengan tombol audio pada lingkar kemudinya. Mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp 131,5 juta hingga Rp 151,5 juta.

Selain ketiga mobil tersebut, terdapat empat mobil LCGC lainnya yang termasuk ke dalam mobil LCGC terlaris di Indonesia sepanjang tahun 2017, antara lain yaitu:

  1. Toyota Agya (29.004 unit)
  2. Daihatsu Ayla (28.051 unit)
  3. Datsun Go+ & Go (10.484 unit)
  4. Suzuki Wagon R (5.408 unit)
temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...