Mobil Esemka Kantongi Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Mobil Esemka merupakan mobil garapan anak bangsa yang patut didukung dan diacungi jempol. Setelah beberapa tahun silam diperkenalkan oleh Bapak Joko Widodo yang dulu menjabat sebagai Walikota Solo. Nama mobil Esemka pun sempat tenggelam dan tak diberitakan kembali. Namun di awal bulan Mei lalu, mobil Esemka kembali mengudara dengan kabar terkait produksi yang akan segera dilakukan di tahun ini.

mobil_esemka_kantongi_nomor_identifikasi_kendaraan_bermotor
logo Esemka

Tak ada kabar, nyatanya mobil ini sudah lulus uji tipe kendaraan yang dilakukan di Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian. Nah, kabar terbaru muncul jika mobil Esemka telah mendapatkan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK) dari Menteri Perindustrian. Setelah beberapa pekan lalu didaftarkan untuk proses sertifikasi, kini mobil Esemka sudah kantongi NIK. Jadi, bisa dipastikan tak lama lagi mobil Esemka bisa di produksi secara massal.

Baca juga: Mobil Esemka Mulai diproduksi Akhir Tahun

NIK atau Vehicle Identification Number merupakan data penting dalam pengajuan sebuah mobil baru yang akan diproduksi. NIK biasanya disebut dengan nomor rangka. Nantinya nomor rangka atau NIK akan tertulis dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerbitkan NIK untuk PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), yang akan memproduksi mobil merek Esemka. Hal ini diperkuat oleh Yan Sibarang Tandiele selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Dikutip dari otomotif.kompas, “Kami sudah memberikan NIK buat PT ACEH,” ujar Yan saat ditemui di pabrik perakitan Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2016).

“NIK itu diberikan ke perusahaan, ke PT ACEH. Begitu dapat NIK dia lalu membuat prototipe, mobil yang mau diproduksi itu apa. Trus nanti dia uji laik jalan di perhubungan. Trus setelah itu diuji tipe, daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Setelah itu sudah bisa produksi massal.” Imbuh Yan.

Rencananya, ACEH akan memproduksi mobil Esemka pada akhir 2016. Produksi akan berlangsung di Boyolali, Jawa Tengah dan Cileungsi, Jawa Barat. Pihak ACEH juga telah mempersiapkan dua model yang akan diproduksi yakni MPV dan SUV.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

NMAA Tutup Tahun 2017 Dengan Workshop Modifikasi di Bandung

OTOmart – National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) didukung oleh Datsun Indonesia kembali mengadakan...

PT Borobudur Oto Mobil Perkuat Jaringan Dealer Mitsubishi di Yogyakarta

OTOmart – Mendapat predikat sebagai kota dengan kontribusi penjualan kendaraan penumpang terbesar kedua setelah...

PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Buka Dealer Di Lubuk Linggau

OTOmart – PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali membuka dealer kendaraan penumpang...

Produk Honda Ternyata Masih Mendominasi Pasar LSUV Tanah Air

OTOmart – Honda ternyata masih mempertahankan dominasinya di Indonesia dengan menguasai pasar Low Sport...

Di Kelas Low MPV, Xpander Belum Sanggup Hadapi Avanza

OTOmart – Xpander membuktikan dirinya sebagai mobil yang paling diminati oleh masyarakat. Hal ini...

Menjelang Akhir Tahun, Penjualan Daihatsu Mencapai Hasil Positif

OTOmart – Menjelang penutupan akhir tahun, dan telah melewati periode 11 bulan (Januari –...