Mobil Esemka Kantongi Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Mobil Esemka merupakan mobil garapan anak bangsa yang patut didukung dan diacungi jempol. Setelah beberapa tahun silam diperkenalkan oleh Bapak Joko Widodo yang dulu menjabat sebagai Walikota Solo. Nama mobil Esemka pun sempat tenggelam dan tak diberitakan kembali. Namun di awal bulan Mei lalu, mobil Esemka kembali mengudara dengan kabar terkait produksi yang akan segera dilakukan di tahun ini.

mobil_esemka_kantongi_nomor_identifikasi_kendaraan_bermotor
logo Esemka

Tak ada kabar, nyatanya mobil ini sudah lulus uji tipe kendaraan yang dilakukan di Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian. Nah, kabar terbaru muncul jika mobil Esemka telah mendapatkan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK) dari Menteri Perindustrian. Setelah beberapa pekan lalu didaftarkan untuk proses sertifikasi, kini mobil Esemka sudah kantongi NIK. Jadi, bisa dipastikan tak lama lagi mobil Esemka bisa di produksi secara massal.

Baca juga: Mobil Esemka Mulai diproduksi Akhir Tahun

NIK atau Vehicle Identification Number merupakan data penting dalam pengajuan sebuah mobil baru yang akan diproduksi. NIK biasanya disebut dengan nomor rangka. Nantinya nomor rangka atau NIK akan tertulis dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerbitkan NIK untuk PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), yang akan memproduksi mobil merek Esemka. Hal ini diperkuat oleh Yan Sibarang Tandiele selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Dikutip dari otomotif.kompas, “Kami sudah memberikan NIK buat PT ACEH,” ujar Yan saat ditemui di pabrik perakitan Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2016).

“NIK itu diberikan ke perusahaan, ke PT ACEH. Begitu dapat NIK dia lalu membuat prototipe, mobil yang mau diproduksi itu apa. Trus nanti dia uji laik jalan di perhubungan. Trus setelah itu diuji tipe, daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Setelah itu sudah bisa produksi massal.” Imbuh Yan.

Rencananya, ACEH akan memproduksi mobil Esemka pada akhir 2016. Produksi akan berlangsung di Boyolali, Jawa Tengah dan Cileungsi, Jawa Barat. Pihak ACEH juga telah mempersiapkan dua model yang akan diproduksi yakni MPV dan SUV.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Mobil Honda Terbaru Oktober 2017 OTR Jakarta

Otomart – Dengan berbagai produk berkualitas yang dimilikinya membuat produsen otomotif asal Jepang ini dikenal ke seluruh dunia. Hal ini tentu berpengaruh pada penjualan produk-produknya yang dikenal sangat laris di belahan dunia manapun. Nah, dari berbagai produk terbarunya, terdapat beberapa … Lihat Selengkapnya

Honda Jazz dan Civic Kuasai Pasar Hatchback di Indonesia

Otomart – Honda menguasi pasar hatchback Indonesia dengan market share sebesar 53% melalui model Honda Jazz dan Civic Hatchback. Jazz juga disebutkan menjadi market leader dengan menguasai 49% pangsa pasar, dimana angka penjualan pada September tercatat sebanyak 1.173 unit dan … Lihat Selengkapnya

Pertamina Lubricants Lakukan Ekspor Jajaki Pasar Mesir

OTOmart – Pelumas dalam negeri yang diproduksi PT Pertamina Lubricants kembali melakukan terobosan dengan mengekspor produknya ke pasar Timur Tengah. Dengan populasi penduduk mencapai 93,62 juta orang, Mesir menjadi pasar yang cukup potensial bagi Pertamina dan menyatakan keyakinannya bahwa produk … Lihat Selengkapnya