5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

posted in: Artikel Mobil, Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
city car
Sejumlah mobil City car tampil di gelaran GIIAS 2018 (Uzone)

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta hatchback mempunyai angka penjualan yang terbilang lumayan. Karena itulah, segmen ini terus diperhatikan oleh para agen pemegang merek. Di gelaran GIIAS 2018 saat ini juga terdapat beberapa mobil perkotaan atau hatchback terbaru yang diluncurkan. Namun, ada juga beberapa mobil yang hanya diberikan sedikit modifikasi ringan. Berikut ini adalah 5 mobil hatchback/ city car yang tampil pada gelaran GIIAS 2018, seperti dilansir laman oto.com, antara lain yaitu:

1. Honda Brio RS dan Brio Satya

Brio generasi terbaru yang tampil dalam GIIAS 2018 kali ini menjadi city car yang paling banyak mencuri perhatian para pengunjung. Sebab, pada generasi sebelumnya yang telah beredar luas pun sudah sangat populer dan paling dicari oleh masyarakat. Seperti yang diketahui, Brio RS dan Satya merupakan dua kendaraan yang diluncurkan bersamaan oleh Honda Prospect Motor (HPM). Yang membedakan antara ekduanya hanyalah pada kelengkapannya, seperti ukuran pelek. Untuk harganya, Anda harus bersabar, sebab HPM hingga kini masih menunggu dari pemerintah terkait dengan harga LCGC Brio Satya terbaru. Sedangkan untuk Brio RS menyesuaikan.

Baca Juga: Datsun Cross Lengserkan Suzuki Ignis dari Tahta Mobil City Car

2. Chevrolet Spark

GIIAS 2018 ternyata betul-betul dimanfaatkan oleh Chevrolet untuk meluncurkan produl Spark yang telah diberikan beberapa penyegaran. Kendaraan City car dari Chevrolet tersebut mendapatkan sedikit ubahan pada bagian wajahnya seperti yang terdapat pada generasi sebelumnya di pasar Amerika Serikat. Namun penyegaran yang paling menonjol justru terdapat pada aksen krom yang letaknya berada di bagian wajah, terutama di bagian sekitar lampu depan dan grille. Harganya pun tidak mengalami kenaikan yang cukup tajam, sehingga Chevrolet mengklaim jika Spark besutannya mempunyai nilai value for money yang cukup bagus.

3. Datsun GO Live

datsun go live
Datsun tampilkan konsep Datsun Go Live pada gelaran GIIAS 2018 (mobil 123)

Jika pada GIIAS tahun lalu Anda hanya dapat melihat konsep dari Datsun GO Live, maka pada gelaran GIIAS tahun ini, Anda dapat merasakan versi jadinya. Dimana basis yang digunakan berasal dari Datsun GO T Active yang dibubuhi aerokit agresif termasuk ditambahkannya spoiler di bagian depan dan belakang, body molding serta diffuser yang berada di bagian bemper belakang. Semua hal tersebut oleh Datsun diberikan warna kuning cerah. Sedangkan untuk bagian grille dan pelek juga digunakan sedikit aksen warna kuning yang senada dengan body kit. Di bagian interiornya, Datsun juga memberikan warna kuning pada bagian sabuk keselamatan, jahitan jok serta panel instrumen. Dengan berbagai penyegaran serta penambahan yang diberikan, tentunya membuat harga mobil ini dibanderol dengan harga Rp135 juta untuk sistem transmisi manual, dan Rp150,5 juta untuk sistem transmisi CVT.

4. Wuling E100

Baca Juga: Beli Mobil City Car di Suzuki Auto Value Cicilan Rp30 Ribu/hari

Mobil ini merupakan jenis city car yang paling unik pada gelaran GIIAS 2018. Sebab, wujudnya terbilang cukup mungil, mirip dengan SmartForTwo. Yang cukup menarik lainnya adalah, E100 ternyata merupakan mobil listrik yang sepenuhnya langsung dibawa dari Cina. Namun sayangnya mobil ini hanya untuk dipamerkan saja bukan untuk dijual. Wuling E100 mempunyai spesifikasi yang cukup menarik, dimana mobil ini menggunakan jantung elektrik baterai li-ion 220V yang mampu menghasilkan daya sebesar 29kW dengan torsi maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 110 Nm. Walaupun bentuknya kecil, ternyata fitur yang disematkan tidak main-main, terutama di sektor keselamatan, dan telah dilengkapi dengan dual SRS airbag, electronic stability control, sensor parkir, rem ABS+EBD, serta kamera parkir mundur.

5. Suzuki Swift Hybrid

Mobil ini menjadi suatu kejutan yang cukup istimewa di booth Suzuki, sebab mobil Swift sudah lama tidak terdengar namanya di pasar Indonesia. Namun yang disayangkan, Swift Hybrid ini hanya dipajang untuk melakukan tes pasar saja. akan tetapi rupanya banyak juga para pengunjung yang merasa penasaran dan menyambangi booth Suzuki tersebut. Sesuai dengan namanya, Swift Hybrid telah menerapkan teknologi hybrid ringan pada generasi terbarunya ini. Selain itu, di bagian bawah lantai bagasi terdapat baterai besar yang berfungsi untuk menyokong pergerakan motor generator yang mampu terhubung langsung dengan mesin.

Karena hal itu, membuat tenaga mesin dapat disuplai lebih. Selain itu, teknologi Integrated Starter Generator (ISG) juga membuat kendaraan ini mempunyai fitur idle stop yang mampu mematikan mesin ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Hal ini menurut Suzuki bertujuan untuk menghemat bahan bakar. Hasil pengereman regeneratifnya pun diubah menjadi daya sehingga dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai. Seperti itu seterusnya siklus tersebut berjalan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...