Tertangkap Kamera, Kapan Mobil Buatan Indonesia Ini Meluncur?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil buatan indonesia
Sumber: Tribun News

OTOmart – Sejak kemarin, Selasa (30/1) dunia jagat maya otomotif dihebohkan dengan adanya foto yang beredar mengenai salah satu produk mobil buatan Indonesia, yaitu Esemka. Tampak dari foto yang beredar luas di jejaring sosial sebuah SUV berwarna putih dibawa oleh truk gendong di jalanan Ibu kota Jakarta. Pada bagian buritan tertera sebuah nama Esemka pada bagian pojok kiri bawah, dan logo Garuda pada bagian simbol serta aksara Garuda di bagian pojok kanan pintu bagasi.

Foto yang beredar memang cukup kontroversial, sebab sumbernya juga tidak diketahui dari mana asalnya. Selain itu, aksara ‘Garuda 1’ yang dibuat seperti oleh digital membuat banyak yang meragukan keaslian dari model ini. Akan tetapi, jika memang mobil buatan Indonesia ini benar-benar ada, maka penampilannya patut untuk diapresiasi.

Baca Juga: Mobil Nasional Esemka Akan Dirilis Tahun Ini, Berapa Harganya?

Esemka bukanlah nama baru di industri otomotif di Indonesia. Brand ini mulai menggaung sejak tahun 2009 setelah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di kota Solo merilis rancangannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu masih menjadi Walikota Solo untuk menaikkan pamor mobil dan sempat menjadikannya sebagai kendaraan dinas.

Namun sayangnya, jalan Esemka untuk menjadi mobil Nasional (Mobnas) tidak kunjung menemui titik terang. Pada tahun 2012, Esemka pernah didaftarkan untuk melakukan uji kelayakan. Sayangnya, pada proses uji emisi tersebut mobil ini tidak cukup layak, bahkan saat itu bobot mobil ini dinilai terlalu berat sehingga tidak layak jalan.

Melihat potensi dari mobil Esemka ini, akhirnya di tahun 2016, PT Solo Manufaktur Kreasi meneruskan proyek tersebut, mulai dari mencarikan lahan untuk membangun fasilitas perakitan yang berlokasi di Boyolali. Mobil ini difokuskan hanya pada kendaraan niaga di pedesaan saja. Namun, pada tahun 2017 mobil Esemka berjenis Double Cabin Pickup terfoto dan bahkan sempat membuka pemesanan melalui situs online.

Baca Juga: Bagaimana Kelanjutan Kerjasama Proton dan Esemka?

Namun, kali ini kendaraan berjenis SUV yang membawa nama Esemka tampak beredar di jalanan. Jika ini merupakan guyonan saja, maka tentu hal ini sangat keterlaluan. Akan tetapi, jika memang benar foto yang beredar tersebut adalah fakta, maka langkah pabrikan tersebut kami nilai sangat tepat dengan memilih jenis SUV.

Hal ini dikarenakan SUV merupakan salah satu jenis kendaraan tangguh yang mempunyai ground clearance tinggi yang mampu melibas berbagai macam variasi medan di jalanan Indonesia. Selain itu, jenis mobil SUV pada umumnya mampu menampung 7 orang penumpang + barang di bagian belakang sehingga membuat para konsumen tertarik untuk membelinya.

Akan tetapi hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai jenis mesin serta pilihan transmisi apa yang akan dipakai oleh mobil buatan Indonesia ini serta fitur-fitur apa saja yang disematkan di dalamnya. Semoga saja proyek mobil ini bukan hanya sekedar menjadi suara riuh rendah di industri otomotif nasional.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...