3 Mobil Balap Keren Legendaris Milik Ferrari Yang Diakui Dunia

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil balap keren
Sumber: Alux.com

Otomart – Di antara berbagai jenis mobil yang berseliweran di pasaran, ada satu jenis mobil yang paling diidam-idamkan oleh para pria maupun para wanita untuk dapat memilikinya, jenis mobil tersebut adalah jenis mobil balap atau mobil sport. Para artis, pejabat negara, manager atau bahkan para eksekutif muda tentu sangat mengidam-idamkan mempunyai mobil balap keren dengan tenaga yang luar biasa besar dibandingkan dengan mobil lainnya.

Nah, diantara beberapa pabrikan mobil balap keren yang ada di dunia, terdapat salah satu pabrikan mobil balap yang sudah terkenal di seantero belahan dunia ini, yaitu Ferrari. Ferrari merupakan suatu nama produsen mobil ini memang terkenal dengan mobil balap dan mobil super saja, sebab memang jenis mobil tersebut merupakan fokus dari pabrikan tersebut.

Ferraru didirikan di Italia oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929 yang dahulu dikenal sebagai Suderia Ferrari, yaitu sebuah perusahaan yang mensponsori pembalap-pembalap mobil pada ajang balapan mobil yang diadakan secara resmi. Sejak lama Ferrari sudah menggeluti balap mobil Formula 1 hingga sekarang.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Mesin Mobil Balap Di Beberapa Event Balap

Dalam kiprahnya di dunia mobil balap, Ferrari telah menciptakan banyak mobil balap dengan tipe-tipe yang berbeda. Di antara beberapa tipe mobil balap keren yang diciptakan oleh Ferrari, ada salah satu tipe mobil Ferrari yang terbilang spesial, yaitu Ferrari Enzo.

Ferrari Enzo diluncurkan ketika Scuderia Ferrari sedang mengalami masa kejayaan. Hinga saat ini, Ferrari Enzo telah tersebar di seluruh dunia. Namun, selain Ferrari Enzo, ada beberapa mobil Ferrari berbasis Enzo yang tidak kalah kerennya, yaitu Ferrari FXX, Ferrari P4/5 dan Maserati MC12.

Selain beberapa mobil di atas, Ferrari juga mempunyai tipe mobil lainnya yang tidak kalah keren dan sudah dikenal di seantero dunia, antara lain yaitu:

  1. Ferrari Enzo

mobil balap keren
Sumber: GT Spirit

Mobil balap keren ini diproduksi oleh perusahaan Fiat Group di tahun 2002 hingga 2004. Ferrari Enzo mempunyai sistem kerangkan Berniletta dua kursi yang menjadi ciri khas mobil Ferrari. Di bagian mesinnya, Ferrari Enzo memakai mesin Tipo F140B V12 6.0 L menggunakan sistem transmisi 6 percepatan. Mesin mobil ini berada di bagian tengah belakang dengan roda penggerak belakang.

Mesin yang disematkan pada Ferrari Enzo mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 350 km/jam dan 60 mph hanya dalam waktu 3,14 detik. Bentuk mobil ini sangat ceper, ditambah dengan warna khas Ferrari yaitu merah mudah membuat mobil ini semakin terlihat sporty dan keren.

  1. Ferrari F430

Tipe mobil ini diproduksi oleh Fiat Group tahun 2004 dan berakhir tahun 2009. F430 merupakan penerus dari Ferrari 360 yang mengisi segmen pasar murah. Bagian lampu belakang mobil ini hampir mirip dengan Ferrari Enzo, akan tetapi bagian bodi mobil ini dibuat lebih aerodinamik dari generasi sebelumnya. Desain bumper Ferrari F430 di desain dengan desain hidung hiu yang digunakan pada mobil balap Formula 1.

Baca Juga: 2018, Ferrari 812 Superfast Siap diluncurkan di Indonesia

Ferrari F430 mempunyai mesin tipe 4.3 L V8 yang terletak di bagian tengah belakang mobil. Mobil balap keren ini mempunyai sistem transmisi 6 percepataan manual, 6 percepatan manual elektrohidrolik. Selain itu, mobil ini mempunyai teknologi E-Diff yang berfungsi untuk mengatur putaran roda ketika akan berbelok sehingga dapat menjaga traksi mobil.

F430 juga mempunyai edisi spesial, yaitu F430 Scuderia. Terdapat beberapa perbedaan yang mencolok dengan F430 biasa, dimana bahan pembuat mobil ini diganti dengan serat karbon yang menyebabkan berkurangnya berat mobil ini hingga mencapai 100 kg. Sistem mobil ini juga mengalami pengembangan yang menyebabkan perpindahan giginya mengalami percepatan. Ferrari juga menyematkan mobil edisi spesial ini dengan teknologi mobil balap Formula 1 sehingga mempunyai kecepatan yang luar biasa sehingga mampu mengalahkan waktu lap tercepat Ferrari Enzo yang notabenenya merupakan Ferrari tercepat saat itu.

  1. Ferrari F50

Ferrari F50 adalah mobil generasi Ferrari F40 yang merupakan produk Ferrari paling mahal karena beberapa teknologi maju pada masanya. Ferrari F50 merupakan produk Ferrari yang diproduksi pada tahun 1995 – 1997.

mobil balap keren
Sumber: Graypaul Classic Cars

Ferrari F50 disematkan mesin 4.7 V12F50 yang merupakan mesin asli dari mobil balap F1 yang telah dimodifikasi. Mobil ini juga dibentuk dengan kerangkan Berlinetta yang mempunyai tata letak mesin RMR layout. Untuk kecepatan maksimal, mobil ini mampu mencapai kecepatan 325 km/jam. Mobil ini pun telah diproduksi sebanyak 349 unit yang tersebar di seluruh dunia.

Itulah 3 mobil balap keren produksi Ferrari yang diakui oleh seluruh dunia sebagai mobil balap legendaris dan tercepat di masanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...