Mitsubishi Indonesia Siapkan Eclipse Cross Untuk Hadapi CR-V

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mitsubishi indonesia
Sumber: Auto Evolution

OTOmart – Mitsubishi Indonesia mulai dari akhir tahun lalu hingga awal tahun ini mulai menembakkan satu per satu amunisinya, yang terbaru adalah dilokalkannya All New Pajero Sport dengan semua fitur yang mumpuni di dalamnya. Lalu ada Xpander yang berada di segmen Low MPV untuk bersaing dengan nama-nama tenar, seperti Avanza, Xenia dan Mobilio. Kemudian kini Mitsubishi mencoba untuk menyasar segmen terbaru, yaitu di kelas SUV 5-seater berpenggerak roda depan dengan bentuknya yang lebih besar dari Outlander Sport.

Produk tersebut diberi nama Eclipse Cross yang melakukan debutnya saat gelaran Geneva Motor Show pada bulan Maret tahun lalu. Lalu pada Selasa kemarin (16/1), Pasar Asia Tenggara, tepatnya di Singapura mulai kebagian mobil ini. Singapura akan menjadi negara pertama yang akan mendistribusikan mobil ini, dan kabarnya model gerak semua roda (AWD) akan menyusul kemudian.

Baca Juga: Mitsubishi Resmi Luncurkan Eclipse Cross di Singapura

Lalu di Indonesia sendiri kapan mobil Mitsubishi Eclipse Cross ini akan diluncurkan? Berdasarkan informasi dari Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mereka sedang menyusun rencana untuk melakukan peluncuran resmi dari mobil ini. “Eclipse Cross hingga saat ini masih kami pelajari. Untuk marketnya pun saya pikir ada. Karena mesinnya 1.500 turbo dan kompetitor pun juga sudah punya dan pasarnya pun sepertinya ada,” terang Direktur of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwan Kuncoro, seperti dilansir laman Oto.com.

Meskipun begitu, Irwan tidak mau terburu-buru untuk mengkonfirmasi apakah peluncuran Eclipse Cross akan dilakukan tahun ini? Apakah di gelaran IIMS atau GIIAS? “Sekarang, kami masih pelajari lebih lanjut. Maunya saya juga cepat, akan tetapi kami masih belum dapat mengetahui positioningnya di mana. Karena itulah belum ada kepastian,” ucap Irwan.

mitsubishi indonesia
Sumber: Motor 1

Sekedar informasi saja, saat ini segmen SUV medium berkapasitas 5 penumpang dengan mesin 1,5 turbo diisi oleh Honda CR-V Turbo yang dibanderol dengan harga Rp 466 juta. Mesin turbo Honda CR-V tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 190 dk dengan torsi yang dihasilkan sebesar 240 Nm. Tenaga tersebut tentu cukup jauh perbedaannya dengan mobil Eclipse Cross yang menggunakan mesin 4-silinder 4B40 MIVEC yang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 PS. Meskipun begitu, torsi dari Eclipse Cros lebih tinggi 10 Nm dari pada CR-V Turbo.

Baca Juga: Mitsubishi Eclipse Cross Jadi Kendaraan Paling Aman Di Asia Tenggara

Perbandingan paling mencolok adalah akomodasi ruangnya, dimana kabin Eclipse Cross hanya dapat menampung 5 orang saja. Hal ini tentu berbeda dengan CR-V Turbo yang kabinnya dapat memuat 7 orang penumpang. Hal ini dikarenakan bentuk atap bagian belakang Mitsubishi Eclipse Cross sangat merunduk sehingga tidak memungkinkan untuk meletakkan kursi tambahan di bagian buritannya.

Mungkin hal inilah yang membuat MMKSI masih belum dapat memastikan positioning dari produknya tersebut. Sebab jika memaksakan di kapasitas 5-seater, maka tentu harus diimbangi dengan pemangkasan harga agar dapat bersaing dengan CR-V Turbo yang mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 7 orang. Hal ini pada umumnya diatasi dengan ketersediaan berbagai fitur pendukungnya. Sebab sejujurnya, Mitsubishi Indonesia sendiri menempatkan Eclipse Cross di antara Outlander Sport dan Pajero Sport.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...