Menyusuri Jalur Semarang-Jogyakarta Bersama All New Fortuner

posted in: Artikel Mobil, Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

IMG_6273OTOMART, Jogyakarta – Kehadiran All New Fortuner mengundang decak kagum dari para pecinta SUV di Indonesia. Wajah baru, mesin baru, interior baru dan fitur baru memang memikat dan menantang untuk dicoba siapapun, termasuk redaksi OTOMART. Jalur Semarang – Jogyakarta kemudian disiapkan oleh PT. Toyota Astra Motor sebagai ajang pengujian. Untuk mengetahui perbedaannya, Toyota mengikutsertakan 3 unit Fortuner model lama untuk mendampingi Fortuner generasi terbaru.

Unit yang pertama dicoba adalah mencoba kenyamanan sebagai penumpang Fortuner TRD Sportivo AT. Fortuner model lama ini tampak nyaman, bertenaga dan stabil. Rute yang dilalui meliputi Tol Jatingaleh-Tol Bawen-Lingkar Salatiga-Kepeng-Ketep. Sampai di Ketep, pergantian mobil dilakukan menggunakan All New Fortuner VRZ AT. Redaksi mengambil posisi mengemudi dari mobil bermesin diesel 2.400 cc ini.

IMG_5045Duduk di jok pengemudi, terdapat pengatur ketinggian dan sudut kemiringan jok elektrik guna mendapatkan posisi berkendara secara tepat. Tinggal tekan saja tombolnya, maka jok secara otomatis akan maju-mundur. Panel-panel instrument Fortuner terbaru ini terlihat lebih modern dan aerodinamis. Audio video sistemnya juga sudah dilengkapi dengan GPS Navigasi. Terdapat kontrol audio di lingkar kemudi dan terdapat tuas paddle-shift untuk perpindahan gigi secara manual.

Mesin kemudian mulai dihidupkan tanpa memutar kunci, tapi cukup dengan menekan tombol start/stop. Suara dieselnya terasa halus, nyaris tanpa getaran. Perbedaan jelas terlihat disini, All New Fortuner memiliki tingkat kekedapan yang lebih baik dibanding model sebelumnya. Menginjak pedal gas, bodi bongsor Fortuner VRZ seakan tidak ada artinya, karena SUV ini melesat cepat dengan torsinya yang besar.

IMG_6232Tenaga badak ini didapat dari mesin baru GD 2.4 L VNT bertenaga 149 PS dan torsi puncak 40,3 Kgm pada 1.600-2.000 rpm. Akselerasinya mengagumkan yang disalurkan sempurna pada transmisi otomatis 6-speed. Teknologi transmisi All New Fortuner ini disebutkan memang diciptakan sesuai dengan kondisi geografis dan penggunaan di Indonesia. Adanya fitur ECO atau Power Mode, pengemudi bisa memilih mode sesuai dengan kondisi jalan.

Suspensi juga mendapat setelan baru, sehingga jauh lebih nyaman dibanding Fortuner model sebelumnya. Inilah yang juga mengakibatkan Fortuner VRZ minim gejala limbung saat menikung di kecepatan tinggi, meskipun bodinya termasuk bongsor. “Mengendarai Fortuner baru, Anda akan terasa lebih mantap, karena kami sudah menggunakan pen-stabil di bagian roda belakang. Pada model sebelumnya hanya ada di dua roda depan,” tukas Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division TAM di Yogyakarta. (M. Lulut)

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Honda Jazz dan Civic Kuasai Pasar Hatchback di Indonesia

Otomart – Honda menguasi pasar hatchback Indonesia dengan market share sebesar 53% melalui model Honda Jazz dan Civic Hatchback. Jazz juga disebutkan menjadi market leader dengan menguasai 49% pangsa pasar, dimana angka penjualan pada September tercatat sebanyak 1.173 unit dan … Lihat Selengkapnya

Perbedaan Mesin Mobilio dan Mesin Honda Jazz yang Perlu Diketahui

Otomart – Pernahkah Anda mendengar mengenai kabar mesin Honda Jazz sama dengan mesin Mobilio? Nah, kali ini kita akan membahasnya secara lebih mendetail mengenai kedua mesin mobil produksi PT Honda Prospect Motor tersebut. Sebenarnya mesin Honda Jazz berbeda dengan Honda … Lihat Selengkapnya

3 Mobil Balap Keren Legendaris Milik Ferrari Yang Diakui Dunia

Otomart – Di antara berbagai jenis mobil yang berseliweran di pasaran, ada satu jenis mobil yang paling diidam-idamkan oleh para pria maupun para wanita untuk dapat memilikinya, jenis mobil tersebut adalah jenis mobil balap atau mobil sport. Para artis, pejabat … Lihat Selengkapnya