Tips Mengurangi Rasa Mual Saat Melakukan Perjalanan Jauh

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mengurangi rasa mual
Tips mengurangi rasa mual saat melakukan perjalanan jauh (Diary Sehat)

OTOmart – Melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik tentunya akan membuat sebagian orang merasa pusing, lelah dan mual. Bahkan ada sebagian orang yang selalu merasa mual jika harus bepergian jauh menggunakan kendaraan mobil atau pun bus. Para peneliti mengungkapkan jika hal tersebut terjadi akibat adanya konflik yang berada di dalam sensor tubuh manusia tersebut.

Seperti yang diketahui, perjalanan mudik belumlah tuntas. Apalagi saat ini, para pemudik harus kembali ke rumahnya masing-masing untuk segera memulai aktifitasnya kembali. Karena itu, agar perjalanan saat mengikuti arus balik tetap asyik dan tidak menimbulkan mual, terdapat beberapa tips agar mengurangi rasa mual sepanjang perjalanan yang dilansir dari laman Detik.com.

Baca Juga: Tips Hilangkan Rasa Jenuh Saat Melakukan Perjalanan Mudik

Mencari Udara Segar

Jika Anda merupakan orang yang cepat mual ketika melakukan perjalanan jauh, maka sebaiknya mencari tempat duduk yang letaknya berdekatan dengan jendela. Selain itu, hindarilah mencium wewangian dengan aroma yang cukup kuat, makanan ataupun bau bensin yang dapat membuat perut Anda semakin mual.

Memperbanyak Makan dan Minum

Rasa mual timbul akibat dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh Anda. Karena itu, usahakan untuk selalu memperbanyak minum agar terhindari dari dehidrasi. Selain itu, perut yang kosong juga menjadi salah satu pemicu terjadinya hal tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga memperbanyak makan.

Namun, jangan pernah memakan makanan yang pedas atau berlemak serta hindari makan hingga perut Anda kekenyangan. Sebab, hal ini dapat memicu terjadinya rasa mual bahkan muntah.

Mengontrol Situasi

Seseorang yang seringkali merasakan mual ketika berkendara adalah penumpang yang berada di kursi bagian belakang. Karena itu, jika Anda mempunyai kesempatan untuk duduk di sebelah pengemudi, maka sebaiknya Anda manfaatkan hal tersebut. Sebab, dengan melihat pemandangan di depan dengan sangat jelas serta mengobrol bersama pengemudi dapat mengurangi rasa mual yang muncul.

Pilihlah Posisi Duduk yang Tepat

Jika Anda menggunakan kendaraan umum dalam melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pilihlah tempat duduk di bagian depan. Sebab, pandangan ke depan yang lebih luas dapat membantu untuk mengurangi rasa mual yang Anda alami.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Anak

Jangan mengkonsumsi Obat Mabuk

Pada umumnya saat mengalami rasa mual, sebagian orang akan langsung mengkonsumsi obat anti mabuk agar rasa mual cepat teratasi sepanjang perjalanan. Padahal obat tersebut justru akan membuat Anda tertidur sehingga dapat membuat Anda melewatkan beberapa momen saat di perjalanan.

Karena itu, untuk menghindari hal tersebut, terdapat cara mudah yang bisa Anda gunakan, yaitu mengkonsumsi banyak air agar tidak dehidrasi sehingga rasa mual dapat segera teratasi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...