Menguji Sang Legendaris All New Kijang Innova di Tanah Para Dewa

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

F45C7477OTOMART, Bali – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memilih Bali sebagai destinasi untuk menguji All New Kijang Innova dengan tema ‘Legendary Journey’. Sang legenda MPV Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 70-an ini mengeksplorasi jalur test drive di tanah para dewa dengan berbagai tantangan yang akan menguji ketangguhan dan kenyamanan Kijang Innova terbaru. Hadir dengan 3 tipe, yaitu G, V dan Q, redaksi OTOMART merasakan performa mesin bensin dan dieselnya.

Memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, jalur test drive yang disiapkan TAM mencapai sekitar 11 jam yang terdiri dari lima etape dengan empat destinasi seperti Danau Bratan (Danau Bedugul), Pantai Lovina, Danau Batur, Kawasan Wisata Ubud dan Museum Seni Antonio Blanco.Pada test drive ini, usai mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, para jurnalis langsung menuju Danau Bratan.

F45C7473Dari pengembangan produk, mengusung tema Grand Tourer, eksterior All New Kijang Innova tampil dengan desain lebih elegan dan kokoh melalui garis lebih dinamis, modern, berkarakter. Meninggalkan kesan konvensional, penampilannya berubah total dengan style bernuansa kendaraan cross over. Dipadu velg  16 (G, V dan Q Gasoline), dan17”(Q Diesel), dan desain lampu depan yang lebih modern, mobil ini tampil dengan nuansa futuristik yang lebih kental.

Karena sudah menganut smart entry key, untuk menghidupkan mesin tidak perlu lagi menggunakan anak kunci melainkan tinggal menekan tombol start-stop engine. Ketika mesin dihidupkan, getaran khas mesin Diesel cukup terasa halus. Sedangkan fitur keamanan yang ada, antara lain seat belt warning, back sonar, seatblet di masing-masing baris kursi, ISOFIX & tether anchor, ABS & EBD, SRS Airbag, dan emergency brake signal.

F45C7176Danau yang berlokasi di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali memiliki jarak sekitar 65 km dari bandara, atau sekitar 2  jam waktu tempuhnya. Pada perjalanan menuju Danau Bratan kami langsung merasakan berbagai kelebihan yang dimiliki sang ‘Legenda Hidup’ ketika melewati beragam jalan beraspal, dan kadang berkontur naik turun.

Redaksi OTOMART mendapat kesempatan mengemudikan All New Kijang Innova Tipe Q alias tipe tertinggi yang berbahan bakar diesel dengan transmisi otomatis. Perjalanan kencan ini menempuh jarak sejauh 65 kilometer dari Bedugul menuju Pantai Lovina. Sebelum memulai aktivitas test drive, mari kita cermati bagian eksteriornya. Secara umum, guratan dan lekukan pada bagian body tipe ini tak berbeda dengan tipe lainnya yang ada di bawahnya, yakni G dan V.

Tipe Q menggunakan new LED Projector dengan frame yang lebih tebal. Gaya desain grille, bumper, lampu utama, sein, lampu kabut, serta rumah spion tak berbeda dengan dua tipe lainnya. Hanya saja sentuhan unsur penguat citra kemewahan saja terlihat lebih keluar auranya. Sedangkan pada bagian kaki-kaki, varian bermesin diesel yang satu platform dengan Fortuner ini menggunakan velg berukuran 17 inci.

Meski bobotnya bertambah dibanding pendahulunya, mesin 2GD FTV 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dengan VNT Intercooler berkapasitas 2.933 cc yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed mampu membuat mobil ini bergerak lebih lincah. Pasalnya jantung mekanis tersebut memiliki letupan tenaga sebesar 147 Tk pada putaran 3.400 rpm dengan torsi 342 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Untuk menuju kawasan Bedugul yang didominasi tanjakan dan berkelok-kelok mesin ini menunjukkan kemampuannya. Tenaga yang dihembuskan mesin ini terasa sangat galak dibanding generasi sebelumnya. Apalagi saat mengaktifkan fitur Power Mode, hanya dengan menekan sedikit saja pedal gas, body mobil dengan cepat berpindah dengan cepat kedepan. Tombol Power Mode dan Eco Mode ini akan diatur oleh computer, sesuai bukaan throttle.

Jika Power Mode diaktifkan, artinya pedal gas akan terasa lebih sensitif dan galak. Sedangkan Eco Mode akan memberikan akselerasi yang akan menciptakan pengendaraan yang dinamis dan efisien, meskipun masih terasa bertenaga. Oh iya, untuk mendapatkan posisi berkendara yang ideal, All New Kijang Innova telah dilengkapi dengan tilt & telescopic steering, sehingga posisi setir bisa diturun-naikan atau dimaju-mundurkan.

Kenyamanan suspensi terasa sudah maksimal, berkat penyempurnaan pada sasis sehingga lebih rigid. Stabilitas itu semakin terasa karena Toyota juga melengkapinya dengan fitur vehicle stability control (VSC). Sehingga, mobil tak terasa mengalami guncangan di saat melibas tikungan tajam dengan kecepatan yang cukup tinggi. (M. Lulut)

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...