Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
bobot
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan favorit pilihan para pemudik untuk menuju kampung halaman. Selain lebih efisien dalam hal waktu, menggunakan mobil pribadi saat mudik juga memberikan keuntungan dalam hal barang bawaan yang bisa dibawa, baik ketika menuju ke kampung halaman, maupun ketika kembali ke kota.

Namun yang seringkali dilupakan oleh para pemudik adalah memperhitungkan barang bawaan yang dibawa, baik ketika mudik maupun saat kembali dari mudik. Pada umumnya, banyak orang yang berpikir dengan membawa mobil pribadi, mereka dapat memasukkan barang bawaan sebanyak mungkin tanpa mempedulikan bobot maksimal dari kendaraan tersebut.

Baca Juga: Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

Padahal, memasukkan barang bawaan tanpa mempedulikan bobot maksimal kendaraan merupakan hal yang sangat tidak disarankan karena akan membuat mobil menjadi overload dan akhirnya menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mobil sulit dikendalikan, rem blong dan lain-lain.

Menurut Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kondisi mobil yang kelebihan muatan seringkali terjadi ketika musim mudik seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan pengemudi mengenai jumlah bobot maksimal yang bisa diangkut oleh mobil tersebut.

“Yang lebih parahnya lagi itu bisa menimbulkan risiko ketika digunakan, seperti handling mobil yang tidak optimal, jarak pengereman mengalami degradasi. Apalagi jika digunakan untuk melintasi ruas Tol Trans Jawa yang lebih didominasi oleh lintasan lurus sehingga akan sangat berbahaya jika dalam kondisi bobot mobil berlebihan, gas ditancap secara asal-asalan,” ucap Didi seperti dilansir laman Kompas.com.

Didi pun memberikan saran agar para pemilik mobil sebelum melakukan perjalanan mudik melihat buku panduan mengenai bobot maksimal yang dapat ditampung oleh mobilnya. Melalui keterangan yang dilampirkan oleh pabrikan mobil tersebut, para pemilik mobil seharusnya dapat langsung memprediksi muatan barang apa saja yang nantinya akan dibawa dalam perjalanan mudiknya, dan yang perlu diingat juga mengenai seberapa banyak penumpang yang dibawanya.

Untuk sekedar antisipasi, pada umumnya payload dari sebuah mobil dapat dilihat dari berat kosong serta kotornya. Berdasarkan keterangan dari masing-masing berat tersebut tinggal dikurangi, kemudian jumlahnya akan menjadi hasil maksimal dari daya angkut yang dimiliki oleh mobil Anda.

Baca Juga: Waspadai Titik Rawan Macet Ini Saat Mudik Lebaran 2019

Misalkan saja, mobil Anda mempunyai berat kotor sebesar 2.250 kg dan berat kosong sebesar 1.850 kg, maka jumlah beban yang dapat diangkut oleh mobil Anda adalah sebesar 400 kg. Berdasarkan jumlah tersebut, maka Anda dapat memprediksi berapa bobot barang bawaan Anda sekaligus memprediksi total berat badan dari masing-masing penumpang, sehingga mobil tidak overload.

“Usahakan agar barang-barang yang tidak penting dapat dikurangi, dan perlu diingat juga selain risiko yang fatal, berkendara dengan muatan yang banyak dapat merugikan dari sisi efisiensi bahan bakar sehingga mengurangi tingkat kenyamanan pada bagian dalam kabin penumpang,” terang Didi lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kualitas terbaikOtomart.id menyediakan beragam mobil bekas dari seluruh dealer mobil bekas di Indonesia. Segera kunjungi Otomart.id dan miliki mobil impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...