Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sistim Kerja Airbag

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Kantong udara pada mobil atau lebih dikenal dengan nama Airbag, kini mulai ditanamkan pada produk-produk mobil terbaru Indonesia. Pasalnya, sebagian besar pengguna mobil menginginkan adanya tingkat keselamatan yang lebih tinggi, selain pengamanan konvensional menggunakan sabuk pengaman. Perlindungan terhadap keselamatan dirasa akan lebih efektif jika ada suatu alat tambahan yang mampu mengamankan area kepala, leher dan dada saat kecelakaan/tabrakan terjadi.

Pada awalnya kantong udara hanya dipasang di area kemudi saja, tapi kini, mobil-mobil keluaran terbaru ‘menghias’ sisi kanan dan kiri mobil dengan sistim Airbag. Penumpang maupun pengemudi akan tetap terjaga saat berkendara. Airbag akan berfungsi sesuai dengan sensor benturan yang terjadi. Aman kan?

Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara kerja Airbag ini?

Mobil yang sudah dilengkapi dengan SRS (Supplementary Restraint System) Airbag, memiliki sebuah sensor yang akan mendeteksi adanya benturan/tabrakan mobil. Sensor akan segera mengirimkan sinyal ke modul control yang kemudian akan membuat Airbag mengembang. Airbag akan cepat mengempis beberapa saat kemudian setelah dia mengembang. Canggih kan?

Risiko kecelakaan juga bisa berkurang jika pengemudi menggunakan sabuk pengaman. Penggunaan sabuk pengaman untuk menjaga tubuh agar tidak terlempar, dan Airbag dapat melindungi area kepala agar tidak membentur kemudi. Jadi mulai sekarang, pakai sabuk pengaman terus ya!

Ada pula Airbag yang diletakkan di samping kanan dan kiri kaca, Airbag yang diletakkan di jok belakang pun ada. Semuanya juga berfungsi untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan. Sensor akan mendeteksi bagian mana yang lebih rawan akan benturan dan dalam waktu singkat dia akan cepat mengembang.

Airbag ini berisi gas nitrogen yang dihasilkan dari pembakaran propelan (bahan pendorong) yang terbuat dari Natrium Azida. Natrium Azida akan cepat terbakar dan dapat menghasilkan nitrogen.G as ini aman kok untuk dihirup, tapi hanya untuk beberapa saat saja. Jika terlalu lama, penumpang akan merasa sesak nafas.

Sekarang ini, banyak mobil dengan dual SRS Airbag yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya adalah Great New Xenia, Honda BR-V, Tata Xenon XT D-Cab, Terios TX-ADV, Ayla Airbag atau Ayla Type X, dan masih banyak lainnya yang bisa ditemukan. Jadi, tak perlu susah payah mencari mobil idaman yang punya keamanan maksimal.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Berembun

OTOmart – Pernahkan Anda mengalami lampu depan mobil Anda redup? Lampu depan mobil menjadi...

Perbedaan Pelapis Jok Berbahan Kulit Sintetis dan Asli

Otomart, Jakarta – Bagian interior merupakan salah satu bagian yang menjadi daya tarik para...

Daftar Harga LMPV Tanah Air September 2018

OTOmart – Sejak melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, membuat beberapa pabrikan...

Selain Jalan Berlubang, Ini Penyebab Lain Kecelakaan Lalu Lintas

OTOmart – Semenjak awal tahun 2018 hingga Agustus 2018, telah terjadi banyak kasus kecelakaan...

Tips Mengecek Kode Produksi Ban Biar Tidak Beli Ban Kedaluwarsa

OTOmart – Ban merupakan salah satu komponen yang amat vital dalam sebuah kendaraan. Namun...

Mobil Bekas Modifikasi Paling Sulit Dijual

Memodifikasi kendaraan pribadi mungkin merupakan hobi bagi sebagian penggiat otomotif. Namun jika Anda terpikir...