Mengapa Tidak Boleh Telat Ganti Oli Mesin?

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Oli memiliki fungsi untuk membersihkan juga menghaluskan kerja mesin mobil. Dengan penggunaan pelumas mesin yang baik serta masa pakai yang tepat, maka mesin akan bekerja dengan halus dan juga optimal. Oleh karenanya, pemakaian oli mesin juga memiliki jangka waktu tertentu.

Sebagaimana fungsi dari oli yaitu untuk pelumas mesin kendaraan agar mengurangi gesekan antar komponen mesin dan pendingin mesin. Kualitas dari sebuah oli perlu diperhatikan agar tidak turun seiring berjalannya waktu pemakaian. Untuk itu seharusnya pelumas mesin diganti secara periodik, jika terjadi keterlambatan dalam pergantian pelumas hal ini dapat berdampak berbahaya bagi mesin mobil.

Lubrificante per motore auto

Komponen yang paling mudah rusak karena kualitas oli yang buruk adalah bantalan-bantalan, misalnya bantalan (poros engkol), piston, dinding silinder, dan lain sebagainya.

Ada baiknya bila oli diganti secara periodik bisa 3.000 km, 5.000 km, atau 10.000 km. Pastikan oli diganti sebelum mencapai 20.000 km, bila hal ini terjadi mobil akan turun mesin karena ada kerusakan pada bantalan poros engkol. Proses ini akan memakan biaya yang cukup besar dan memakan waktu lama.

Lupa akan pergantian minyak pelumas mesin tidak hanya berakibat pada mesin saja, tetapi juga dapat berakibat pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan suara mesin yang menjadi kasar. Dampak fatal yang akan terjadi adalah kepanasan yang berlebihan (over heating). Over heating ini akan membuat kepala silinder melengkung, dimana untuk memperbaikinya harus turun mesin dan di selep.

Oleh karena itu, pabrikan oli menyarankan untuk para pengguna kendaraan ranjin dalam mengganti oli secara rutin. Ini untuk tetap menjaga kualitas mesin mobil dan dompet agar tidak “bolong”.

Setiap bulan pastikan jumlah atau kuantitas dari oli sudah diisi sesuai dengan takarannya. Apabila oli dirasa kurang, anda dapat menambah hingga menunjuk pada garis F di deep stick oil. Upaya ini dilakukan agar usia mesin mobil lebih sehat dan tidak mudah rusak.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan...