Tips Mudah Mendeteksi Masalah Pada Kopling Mobil Transmisi Manual

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
transmisi manual
Transmisi manual pada mobil (Modifikasi.com)

OTOmart – Siapa bilang mempunyai mobil dengan transmisi manual gampang dalam pemeliharaannya. Ternyata tidak selamanya mempunyai mobil dengan transmisi manual itu asyik, apalagi jika kopling yang digunakan rusak akibat dimakan usia.

Kopling mempunyai fungsi yang cukup penting, terutama bagi mobil yang menggunakan transmisi manual. Karena itu, para pemilik kendaraan harus mengetahui berbagai tanda-tanda kerusakan komponen penyalur tenaga dari mesin ke semua roda mobil. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah sehingga dapat menimbulkan terjadinya situasi yang tidak diinginkan saat di jalan.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

Karena itulah diperlukan kepekaan pengemudi terhadap kendaraan yang digunakannya. Sebab, mencegah tentu lebih baik daripada di kemudian hari, Anda mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Seperti yang diketahui, kopling dengan transmisi manual terdiri dari flywheel, release bearing, cover clutch dan clutch disc. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut, maka solusinya adalah dengan membongkar semuanya. Hal ini tentu membuat Anda harus mengeluarkan dana yang ekstra untuk memperbaikinya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah kopling mobil Anda mengalami masalah atau tidak, seperti dilansir Nissan Indonesia, antara lain yaitu:

1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi pedal kopling mengalami kerusakan adalah saat pedal kopling terasa lebih keras saat ditekan. Kondisi ini tentunya bisa langsung Anda sadari jika setiap hari Anda sering menggunakan kendaraan Anda.

2. Hilangnya tenaga atau power dari mesin kendaraan. Kondisi ini biasanya terjadi saat transmisi telah dimasukkan ke gigi satu lalu kopling diangkat setengah atau lebih, setelah itu gas tidak ditekan namun mobil malah tidak berjalan.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Transmisi Manual Jarang Dipilih Konsumen

Biasanya untuk mobil dengan kopling yang normal tanpa masalah, yaitu saat kopling diangkat setengah tanpa menekan gas, mobil tetap dapat berjalan. Akan tetapi, saat kopling mengalami masalah, mobil justru tidak berjalan.

3. Free play kopling hilang. Jika hal ini terjadi, maka kopling harus segera dilepas lebih tinggi dari semestinya. Padahal saat kondisi normal, dimana free play belum hilang, kopling tidak perlu untuk diangkat terlalu tinggi agar mobil dapat berjalan dengan semestinya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Dan Harga New Sigra Facelift 2019

OTOmart – Setelah 3 tahun lamanya tidak diberikan perubahan, kini mobil andalan PT Astra...

Siap Dirilis, Ini Spesifikasi New Sigra dan New Calya Facelift 2019

OTOmart – Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan, dua produk kembar milik Toyota dan Daihatsu,...

Begini Cara Mudah Mengetahui Kampas Kopling Matik Bermasalah

OTOmart – Saat ini pengguna kendaraan yang menggunakan sistem transmisi matik marak digunakan, terutama...

Biaya Rekondisi Sokbreker Mobil Ternyata Mulai Dari Rp 1 Jutaan

OTOmart – Salah satu komponen penting pada bagian kaki-kaki kendaraan adalah sokbreker. Selain berfungsi...

Daftar Harga Mobil Bekas Honda Jazz Lansiran Tahun 2014

OTOmart – Dalam beberapa tahun terakhir, Honda Jazz menjelma menjadi salah satu kendaraan terlaris...

Mau Beli Kijang Innova Bekas? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

OTOmart – Saat ini, Toyota Kijang Innova yang dipasarkan di pasar otomotif Indonesia telah...