Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
warna putih
Ilustrasi

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini warnanya berubah terlihat menguning. Lalu bagaimanakah caranya agar warna putih pada mobil tidak terlihat menguning?

Warna cat putih dan terlihat menguning menandakan bahwa mobil kurang diperhatikan oleh pemiliknya, terutama dari segi penampilannya. Lalu apa alasan utama warna putih mobil dapat menguning?

Baca Juga: Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

Service Advisor body repair salah satu authorized dealer di wilayah Jakarta, Ibnu Chandra mengungkapkan jika warna putih yang menguning dikarenakan akibat oksidasi yang terjadi secara terus menerus.

“Memang biasanya warna mobil putih itu cepat menguning. Hal ini dikarenakan terjadi oksidasi secara terus menerus seiring waktu,” terang Ibnu Chandra lagi.

Namun dari sekian banyak penyebab yang paling sering membuat warna mobil terlihat menguning, yaitu karena mobil sering diparkir di bawah terik matahari secara langsung. Seperti diketahui, panas matahari yang langsung terpapar ke bodi mobil dapat membuat cat bodi mobil rusak.

“Karena itu, usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh sehingga dapat mengurangi warna mobil putih menjadi menguning,” ucapnya lagi, seperti dilansir laman Otoseken.

Selain faktor panas terik matahari, warna mobil menguning bisa juga diakibatkan dari lamanya kotoran menempel pada bodi mobil.

Jika kotoran yang berasal dari jalan terus dibiarkan menempel pada bodi mobil Anda, maka akan meninggalkan bercak-bercak kotoran yang dapat merusak warna cat mobil Anda.

“Nah hal ini biasanya terjadi di bagian bawah mobil, seperti di bagian bumper depan dan belakang, serta bagian bawah pintu mobil,” terangnya lagi.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil Anda

Untuk solusinya, cukup dengan selalu membersihkan mobil jika kotoran yang terdapat pada bodi mobil Anda telah menempel. Jika Anda tidak sempat untuk dapat membersihkan dengan mencucinya, maka minimal Anda cukup dengan cara mengelap kotoran tersebut menggunaka lap bersih.

Bagi pengguna mobil warna putih, benar-benar dituntut untuk selalu rajin dalam merawat mobilnya untuk mencegah agar warna mobil miliknya tersebut berubah warna. Jika Anda ingin warna cat putih pada bodi mobil Anda tahan lama. Anda dapat melapisinya dengan coating untuk menahan bodi mobil dari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak warna cat mobil Anda.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...