Tips Cara Membuat Warna Cat Mobil Pudar Jadi Seperti Baru

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
warna
Tips membuat warna mobil pudar menjadi seperti baru (pixabay)

OTOmart – Pada umumnya mobil-mobil lawas yang telah berusia lebih dari 5 tahun akan mengalami perubahan warna, bahkan terkadang muncul goresan-goresan halus sehingga membuat warna menjadi pudar atau buram.

Warna berubah menjadi buram karena bertambahnya usia karena seringnya terpapar sinar matahari sehingga membuat terjadinya reaksi oksidasi dengan udara. Hal tersebut membuat terjadinya kontak antara cat dengan beberapa benda asing, seperti kain, debu dan tangan.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mobil Tua Agar Performanya Tetap Oke

Beberapa perlakuan yang kurang baik pada mobil, ternyata turut membantu mempercepat warna  dari cat mobil menjadi lebih kusam, seperti menggunakan shampo mobil yang kurang tepat ketika mencuci, membersihkan debu menggunakan kemoceng (sulak) berserat kasar, tidak menggunakan lap microfiber dan berbagai hal lainnya.

Lalu adakah cara mengembalikan warna cat mobil agar nampak seperti baru? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan beberapa tips berikut ini, antara lain yaitu:

1. Mencuci mobil menggunakan shampo mobil dengan PH balance. Sebaiknya hindari mencuci ditempat yang terkena sinar matahari langsung, sebab dapat membuat cat menjadi buram/ kusam.

2. Setelah benar-benar kering sehingga tidak ada debu, mulailah untuk mengoleskan obat poles (car polish) secara merata tidak perlu tebal ke seluruh bodi mobil Anda.

Obat poles (car polish) yang digunakan dapat Anda beli di bengkel perawatan mobil. Namun jangan sembarangan membeli obat polish. Sebaiknya pilihlah polish yang bagus alias bersertifikat SNI.

3. Setelah mengoleskan obat poles secara merata, diamkan selama 2 hingga 3 menit agar mobil mendapatkan efek langsung dari obat poles tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Mobil Baru Agar Tetap Stylish dan Oke

4. Bersihkan obat poles tersebut menggunakan lap microfiber (lap halus khusus untuk cat mobil). Yang perlu diperhatikan adalah saat mengelap sebaiknya lakukan dengan cara memutar. Hal ini bertujuan untuk mengangkat kotoran sekaligus menghilangkan baret halus atau cat terluar dari mobil. Sebaiknya lakukan penggosokan memutar searah jarum jam.

5. Guna menambah perlindungan pada cat mobil, maka setelah dipoles, sebaiknya gunakan cairan Wax, baik Wax Polish atau Soft Wax. Caranya adalah dengan menuangkan cairan wax tersebut ke lap microfiber kemudian lap tersebut digosokkan pada cat mobil.

Sekedar informasi, cairan Wax ini berfungsi untuk menjaga agar cat tetap dalam kondisi yang baik. Namun, jika mobil telah berusia tua sehingga membuat catnya benar-benar kusam, maka sebaiknya Anda menggunakan Car Polish yang sifatnya lebih keras dari pada Wax.

Sumber: Mobilku.org

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Punya Gaji Rp 4 Juta? Mampukah Kreditnya Disetujui Leasing?

OTOmart – Mobil saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat, terutama yang...

Selama Awal Tahun 2019, Penjualan Mobil Bekas Alami Peningkatan

OTOmart – Gaikindo sebagai induk otomotif di tanah air pada beberapa waktu yang lalu...

Rekomendasi MPV Bekas, Nissan Serena Bekas Dibanderol Rp 150 Juta

OTOmart – Punya daya angkut serta tingkat kepraktisan yang baik, membuat mobil bersegmen MPV...

Mobil HRV 2019 Bakal Facelift, Tampil Lebih Elegan dan Mewah

OTOmart – Salah satu mobil SUV unggulan Honda, yaitu Honda HR-V dikabarkan akan mengalami...

Penghasilan Rp 4 Juta, Pilih Mobil LCGC atau Low MPV Bekas?

OTOmart – Mobil merupakan salah satu pilihan bagi keluarga muda yang mempunyai keinginan untuk...

Sebelum Luncurkan Tipe Sport, Suzuki Hadirkan Ertiga Black Edition

OTOmart – Suzuki dikabarkan akan mengeluarkan produk terbaru dari Suzuki Ertiga, yang diberi nama...