Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ruang mesin
Ilustrasi (Ohayo)

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan oleh para pemilik mobil bekas, padahal jika pemilik tersebut rajin dalam membersihkan ruang mesin, maka tentunya kondisi komponen yang terdapat di dalam mesin dapat menjadi lebih terjaga.

Walau begitu, Anda tidak bisa begitu saja mencuci ruang mesin. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan detail agar terhindar dari korsleting atau kerusakan yang terjadi pada beberapa komponen elektrikal yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

“Biasanya untuk membersihkan ruang mesin menggunakan degreaser,” ucap Andre, salah satu pemilik bengkel otomotif yang terdapat di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Selain itu, Andre pun menegaskan jika sebelum Anda mencuci ruang mesin, maka sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu dimanakah letak komponen elektrikal yang terdapat di dalamnya.

“Untuk posisi ECU, sekring serta beberapa komponen yang berhubungan dengan elektrikal, sebaiknya ditutup menggunakan plastic. Karena itu, usahakan agar bagian tersebut tidak terkena air,” terang Andre lagi.

Langkah selanjutnya setelah beberapa komponen elektrikal yang terdapat di dalamnya telah dipastikan aman, maka selanjutnya adalah menyiapkan water spray.

“Jadi setelah itu adalah dengan menyemprot menggunakan air biasa pada bagian yang ingin Anda bersihkan, kecuali pada bagian yang telah di-cover tadi,” terang Andre lagi.

Setelah Anda menyemprotnya menggunakan air, setelah itu baru menggunakan degreaser.

“Semprot menggunakan degreaser sembari menyikatnya menggunakan sikat gigi atau menggunakan engine brush,” ucap Andre lagi.

Setelah mengaplikasikannya dengan degreaser, langkah selanjutnya adalah dengan menyemprot kembali bagian tersebut menggunakan air.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

Setelah dilakukan degreaser dan bersih, langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotnya menggunakan kompresor angin. Hal ini dilakukan agar air sisa pencucian dapat segera langsung turun ke bawah.

Bukan hanya itu saja, Andre pun menuturkan agar tidak terlalu lama mendiamkan bagian mesin yang telah dicuci tersebut. Sebab, jika terlalu lama akan menimbulkan kerak.

“Setelah dilakukan blow menggunakan angin, lalu diamkan selama 2 hingga 3 jam. Setelah itu, jangan langsung menstarter mobil, sebab dikhawatirkan dapat terjadi korsleting pada beberapa komponen elektrikal,” terang Andre, seperti dilansir laman Otoseken.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...