Rem Mobil Anda Berdecit? Begini Loh Cara Membersihkannya

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
rem mobil
Sumber: Getty Images

OTOmart – Pernahkah Anda mendengar suara berdecit pada mobil Anda, bahkan bunyi tersebut sampai masuk ke dalam kabin mobil Anda? Jika pernah, maka Anda harus berhati-hati sebab bunyi tersebut bukan hanya membuat kuping pengendara menjadi tidak nyaman, melainkan dapat mengganggu fungsi rem mobil secara optimal.

Pada umumnya, suara mendecit disebabkan oleh rem karena banyaknya tumpukan kerak kotoran, seperti debu, residu oli atau gemuk pada bagian cakram atau tromol. Hal ini dikarenakan banyak dari para pemilik mobil yang jarang melakukan perawatan kendaraan.

Baca Juga: Rem Mobil Blong Saat Berkendara? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

Efek dari rem mobil yang berdecit bukan hanya membuat kampas dan cakram menjadi cepat tipis, namun juga dapat membuat komponen yang ada di sekitar rem cakram menjadi melenting akibat dari suhu panas yang berlebih karena adanya gesekan antar komponen.

Untuk mengatasi dan menghilangkan suara decitan tersebut, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan bagian cakram, tromol serta berbagai bagian komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan juga cukup sederhana, yaitu hanya berupa kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, serta cairan khusus pembersih atau kompresor jika memang tersedia.

Jika semua perlengkapan telah siap, maka ada 2 komponen yang harus Anda bersihkan terlebih dahulu, yaitu cakram dan tromol. Untuk membersihkan bagian cakramnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan melepaskan ban menggunakan kunci roda. Namun untuk amannya, sebaiknya bodi mobil didongkrak lalu bagian roda lainnya diberi ganjalan agar tidak terjatuh.

Setelah cakram terlihat, selanjutnya adalah menyemprotkan cairan pembersih rem mobil secara merata pada cakram tersebut. Namun, pastikan jarak penyemprotan antara cakram dengan brake cleaner sekitar 10-15 cm, lalu semprot hingga merata hingga piringan cakram benar-benar basah dan semua kerak yang menempel telah rontok.

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Setelah itu, lap menggunakan kain bersih yang sebelumnya telah disiapkan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada bagian cakram dari rem tersebut. Tidak lupa juga untuk melakukan penyemprotan sekali lagi untuk memastikan bahwa semua kotoran telah benar-benar bersih.

Sedangkan untuk membersihkan rem tromol. Caranya masih sama seperti membersihkan rem cakram. Namun, sebelum membersihkannya, Anda harus melepaskan tromol dari rumahnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengetok menggunakan palu secara hati-hati dan perlahan, setelah terlepas dari rumahnya, bersihkan tromol dari debu menggunakan kompresor atau dengan menggunakan kuas halus yang memang telah dipersiapkan.

Jika telah bersih, selanjutnya adalah melakukan penyemprotan menggunakan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Setelah semua komponen tersebut dibersihkan, pasang kembali dan selalu rawat kendaraan Anda agar tidak cepat rusak.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Otomart – Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta...

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar...

Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi...

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....