Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Brio

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
honda brio
All New Honda Brio (Modifisexy)

OTOmart – Honda Brio merupakan salah satu kendaraan unggulan Honda di segmen LCGC. Selain itu, mobil ini juga menjadi tulang punggung dari penjualan Honda Prospect Motor (HPM). Selain merupakan kendaraan perkotaan atau sering disebut dengan city car, mobil ini juga banyak diminati oleh para kaum millennial.

Honda memang sengaja menciptakan Brio dengan penampilan yang modern demi menjaring potensi pasar di segmen yang setiap tahunnya terus mengalami pertumbuhan tersebut. Lalu apakah mobil ini layak dibeli?

Baca Juga: Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

Pepatah mengatakan bahwa tidak ada gading yang tidak retak. Hal tersebut benar adanya, sebab tidak ada kendaraan yang sempurna, terutama pada Honda Brio. Nah, berikut ini akan kami beberkan beberapa alasan untuk tidak membeli All New Brio.

Harga Mahal

Alasan pertama mengapa Anda jangan membeli Honda Brio adalah karena mempunyai banderol yang cukup mahal. Sebagai model baru, harga kendaraan ini naik sebesar Rp6,5 juta untuk Brio Satya E dan naik Rp10 juta untuk model lainnya, selain Satya E. kendaraan ini dibanderol mulai dari harga Rp139 juta hingga Rp190 juta. Padahal, untuk Suzuki Ignis GS AGX yang merupakan varian tertinggi Ignis hanya dibanderol sebesar Rp178,5 juta.

Desain Berubah Namun Platform Tetap Sama

Alasan kedua adalah karena platform mobil ini yang masih sama seperti generasi sebelumnya, meskipun karakter desain telah berubah. Jika melihat dari sudut pandang yang subyektif, desain Brio memang tampak bagus, akan tetapi karakternya masih kurang kuat apalagi bagian pantatnya dibuat menjadi cembung dan tidak rata seperti generasi sebelumnya.

Meskipun penampilannya menunjukkan bukan seperti Brio generasi sebelumnya, akan tetapi platform yang digunakan masih sama seperti Brio sebelumnya, walaupun telah menggunakan CVT dan mesin telah sedikit dibenahi namun untuk pengendaraannya masih tetap sama seperti generasi sebelumnya.

Tidak Ada Sensor Parkir

Di semua varian Brio saat pertama kali diluncurkan, hingga saat ini belum ada satu pun yang mempunyai sensor parkir. Bahkan untuk Brio RS yang telah mempunyai head unit berukuran 6,2 inci sama sekali tidak terpasang kamera belakang. Karena itu, jika Anda menginginkan sensor serta kamera belakang, Anda terpaksa harus membelinya di aftermarket dengan harga mulai dari Rp1 jutaan dengan kualitas ala kadarnya.

Baca Juga: Pertarungan Harga Mobil Brio vs Daihatsu Ayla, Siapa yang Unggul?

Kelengkapan Fitur

Salah satu faktor yang merekomendasikan agar Anda tidak membeli Honda Brio adalah kurangnya kelengkapan fitur yang dimiliki kendaraan ini. Pada bagian eksterior, Honda hanya menyematkan Brio dengan lampu halogen dengan LED positioning light guide serta lampu kabut. Padahal, pesaingnya yaitu Sirion telah sepenuhnya menggunakan LED. Selain itu, ketinggian sorotan lampunya pun dapat dilakukan secara manual serta telah dilengkapi dengan sensor otomatis.

Sedangkan untuk desain interior All New Brio rupanya masih sama dengan generasi sebelumnya. Yang paling mencolok hanyalah jahitan serta garis kontras yang terdapat di bagian dasbor. Disaat beberapa rivalnya telah menggunakan tombol start/stop, Brio masih menggunakan kunci. Lalu bagaimanakah value for money dari produk ini? Untuk Brio Satya mungkin masih masuk akal, namun untuk Brio RS, tentu value for money-nya tidak dapat Anda andalkan.

Sumber: Oto.com

Jika Anda ingin mencari produk-produk Honda Brio bekas, silahkan kunjungi laman www.otomart.id. Karena kami siap untuk membantu mewujudkan impian Anda mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...